TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PDIP Pastikan Risma Ikut Pilkada Jatim

Kali ini, Risma tak punya hak menolak perintah partai.

Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dipastikan akan ikut serta dalam Pilkada Jawa Timur 2018. Kepastian ini muncul setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Surabaya menyatakan akan mendaftarkan namanya untuk mengikuti kontestasi politik tersebut. Keputusan ini merupakan hasil dari rapat DPC PDIP Surabaya, Jumat 2 Juni 2017 malam kemarin.

Didik Suhartono/ANTARA FOTO

Diberitakan oleh Kompas.com, (3/6), Sektetaris DPC PDIP Surabaya, Saifudin Zuhri mengatakan bahwa PDI-P akan mengambil formulir cagub bagi Risma. Menurut dia, Risma adalah kader yang memiliki potensi serta memenuhi syarat untuk menduduki kursi Jatim-1.

Bahkan, Saifudin mengklaim elektabilitas Risma cukup tinggi untuk melaju ke cagub Jatim. Hal tersebut sesuai dengan hasil survei yang dilakukan berbagai lembaga.  Di luar survei, kata dia, semua orang tahu bahwa Risma adalah sosok yang berprestasi di kancah nasional dan internasional.

Baca Juga: Ini 5 Bukti Nyata Kepercayaan Rakyat Surabaya Terhadap Risma. 

Sebagaimana dirilis oleh Lembaga Survei Regional (LSR), jumlah elektabilitas Risma mencapai angka 34 persen pada periode November 2016 - Maret 2017. Namun, angka ini di bawah elektabilitas Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul, yaitu 37 persen. Risma juga ditempel ketat oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah dengan elektabilitas 33 persen.

Dalam hal popularitas, Risma juga tetap di posisi kedua, yaitu 78 persen. Di peringkat pertama ada Gus Ipul dengan angka 86 persen. Adapun Khofifah terpaut satu angka dengan Risma, yaitu 77 persen.

PDI-P berharap Risma mau mematuhi instruksi partai untuk mengusungnya menjadi cagub Jatim.

Didik Suhartono/ANTARA FOTO

PDI-P kini berharap supaya Risma mau mematuhi perintah partai untuk mengusungnya menjadi calon Gubernur Jatim. Saifudin menilai Risma tak memiliki hak untuk menolak perintah ini. Risma sendiri memang tidak pernah mendeklarasikan dirinya mau melaju ke Pilgub Jatim.

Baca Juga: 5 Tahun Tuntas Mengabdi: Terima Kasih Bu Risma, Atas Semua Kerja Kerasmu!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya