TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buka Forum R20, Jokowi Ingin Dunia Bersatu Demi Generasi Mendatang

Sejumlah menteri hadir saat pembukaan R20

Sejumlah tokoh agama dunia saat sesi foto bersama di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022).(Dok. TV NU)

Bali, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Forum Agama G20 atau Religion of Twenty (R20) di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022). Peresmian tersebut dilakukan secara virtual.

Dalam sambutannya, Jokowi berharap forum R20 dapat menjadi forum dunia yang memberikan dampak positif bagi persatuan dan perdamaian dunia, demi generasi mendatang yang lebih baik.

"Yang juga sangat penting adalah kita tokoh agama dari berbagai agama dan dari berbagai agama harus bekerja sama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia, untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang demi dunia yang damai dunia yang bersatu dan dunia yang bekerja sama untuk mewariskan kebaikan bagi generasi mendatang," kata dia.

Menurut Jokowi, Indonesia adalah negara kepulauan dengan dasar negara Pancasila dengan beragam suku, ras, hingga agama. Namun, Indonesia dapat hidup berdampingan di bawah naungan Bhineka Tunggal Ika.

"Kami disatukan dengan toleransi Bhineka Tunggal Ika," ujar dia.

Baca Juga: Forum R20 Resmi Dibuka, Mahfud hingga Erick Thohir Hadir

1. Indonesia didirikan dan dibangun berbagai tokoh agama

Presiden Joko Widodo saat membuka Forum R20 secara virtual, Rabu (2/11/2022). (Dok TVNU)

Jokowi mengatakan tokoh-tokoh agama yang berbeda telah menjadi bagian utama dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi menjadi bagian penting untuk mempersatukan Indonesia.

"Bahkan tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting untuk menyukseskan program pembangunan pemerintah Indonesia," kata dia.

Jokowi juga menegaskan keberhasilan Indonesia saat ini, termasuk dalam penanganan COVID-19, juga berkat kontribusi tokoh-tokoh agama. "Masjid, gereja, pura, vihara, dan klenteng telah menjadi pusat literasi masyarakat di berbagai bidang, gotong royong, lintas tokoh agama juga menjadi kebanggan Indonesia," kata dia.

"Selamat mengikuti konfereni R20. Semoga berhasil membangun kesepahaman dan kesepakatan serta menyepakati langkah-langkah konkret agar agama berkontribusi yang lebih besar terhadap peradaban dan untuk kemanusiaan serta demi dunia yang lebih membahagiakan," kata Jokowi.

2. Sejumlah menteri menghadiri pembukaan R20

Menko Polhukam Mahfud MD beserta delegasi dari Liga Muslim Dunia. (Dok. TVNU)

Sejumlah menteri hadir dalam pembukaan R20, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Selain itu, hadir juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla. Beberapa delegasi dari Liga Muslim Indonesia selaku mitra PBNU dalam gelaran R20 juga turut hadir.

 

Baca Juga: Sekjen Liga Muslim Dunia Berharap Forum R20 Bawa Perdamaian Dunia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya