TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gunung Soputan Bergeliat, Warga Minahasa Tenggara Diimbau Waspada

Beberapa hari terakhir ada peningkatan aktivitas Soputan

Gunung Soputan di Minahasa Tenggara meningkatkan aktivitasnya. Warga diminta waspada. (ANTARA/Istimewa)

Jakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, mengimbau masyarakat di daerah tersebut agar mewaspadai peningkatan aktivitas Gunung Soputan.

"Kami minta warga waspadai peningkatan aktivitas Gunung Soputan. Ini berdasarkan laporan dari pos pemantau, karena dalam beberapa hari terakhir ada peningkatan aktivitas," kata Kepala BPBD Minahasa Tenggara, Jhony Kolinug, dilansir ANTARA, Senin (7/3/2022).

Baca Juga: Penampakan Letusan Gunung Soputan di Sulawesi Utara

1. Terjadi peningkatan kegempaan di Gunung Soputan selama beberapa hari terakhir

Ilustrasi Gunung Soputan (Dok. BNPB)

Jhony menjelaskan berdasarkan laporan tersebut, telah terjadi peningkatan kegempaan di Gunung Soputan selama beberapa hari terakhir.

"Memang ada peningkatan aktivitas kegempaan. Namun, kondisi saat ini status Gunung Soputan masih pada level dua atau waspada," ujar dia.

Baca Juga: Gunung Soputan Meletus 3 Kali Dini Hari Tadi

2. Ada evaluasi secara berkala tentang kondisi Gunung Soputan

ilustrasi puncak gunung (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Terkait adanya perubahan aktivitas tersebut, menurut Jhony, pos pemantau Gunung Soputan akan terus melakukan evaluasi serta pemantauan secara intensif.

"Nantinya akan ada evaluasi secara berkala dengan adanya peningkatan aktivitas Gunung Soputan ini. Tapi kami ingatkan masyarakat tidak perlu panik, tapi tetap untuk waspada," ujarnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya