TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PAN atau Demokrat, Mana yang Berpotensi Kuat Koalisi ke Kubu Jokowi?

PAN sudah memberikan sinyal koalisi

Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jakarta, IDN Times - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiatri menyebutkan, ada dua partai pendukung pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019, yakni Partai Demokrat dan PAN, berpeluang bergabung dengan pemerintahan Joko Widodo.

"PAN dan Partai Demokrat adalah dua partai pendukung Prabowo-Sandi yang berpotensi mendukung Jokowi," kata Aisah dalam diskusi No People No Power: Silaturahim Politik Pasca-Pemilu, di Jakarta, Senin (30/4).

Baca Juga: Zulkifli Hasan Bertemu Jokowi di Istana, Ini Tanggapan Gerindra

1. PAN lebih berpeluang berkoalisi ke kubu Jokowi

Twitter/@KSPgoid

Namun, kata Aisah, dari kedua partai tersebut yang paling kuat bergabung ke pemerintahan Jokowi adalah PAN.

"Demokrat walaupun berpeluang, namun lebih sulit dari PAN, karena punya sejarah yang tidak mendukung," ucap dia, seperti dilansir kantor berita Antara.

2. PAN memberi isyarat pada pertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden Jokowi di Istana

Twitter/@ZUL_Hasan

Menurut Aisah PAN telah memberi isyarat bahwa konflik politik akibat pilpres telah usai, pasca-pencoblosan 17 April lalu.

Manuver PAN yang paling menonjol adalah bertemunya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, saat pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 24 April lalu.

3. PAN 'tes ombak' di antara kubu TKN dan BPN

IDN Times / Aan Pranata

Aisah menilai, Zulkifli sangat paham konsekuensi dari pertemuan tersebut, tetapi justru dia seolah nampak ingin melihat respons dari kedua kubu.

"Zulkifli sangat sadar konsekuensi pertemuan itu. Pertama testing the water kubu Prabowo-Sandiaga. Kedua testing the water dari kubu pendukung Jokowi sendiri," tutur dia.

Baca Juga: Waketum PAN: Saya Menentang Wacana People Power Amien Rais

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya