TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kembali ke RI, Menag akan Laporkan Penyelenggaraan Haji ke Jokowi

Cek jadwal kepulangan jemaah haji Indonesia hari ini

Menag di Bandara Jeddah Arab Saudi saat hendak bertolak ke Indonesia. (Dok. Kemenag).

Jakarta,IDN Times - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertolak ke Tanah Air dengan Garuda Indonesia GA981, Senin (18/7/2022). 

Kepala Biro Humas Data dan Informas (HDI), Akhmad Fauzin mengatakan, Menag akan melaporkan proses penyelenggaraan ibadah haji kepada Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. 

“Menteri akan segera menyampaikan dan melaporkan seluruh penyelenggaraan kegiatan ibadah haji ini kepada presiden,” kata Fauzin di Al-Tanfeethi Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi usai mendampingi keberangkatan Menag, Minggu (17/7/2022).

Fauzin mengungkapkan, kegiatan penyelenggaraan haji pada 2022 terlaksana dengan baik.

"Secara umum, jemaah menyatakan kepuasan terhadap penyelenggaraan ibadah haji 1443 H," tambahnya. 

Baca Juga: Cerita Jemaah Haji: Dulu Itu Haji Kelaparan, Sekarang Kekenyangan

1. Tidak ada karantina bagi jemaah haji yang sudah sampai di Indonesia

Dok. Kemenag

Saat ini, proses penyelenggaraan ibadah haji memasuki fase pemulangan jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang pertama. Sesampainya di Indonesia, jemaah haji tidak akan menjalani karantina, tetapi melakukan proses pemeriksaan kesehatan. 

“Hanya selama 21 hari dipantau kesehatannya. Jadi saat nanti ditemukan ada orang yang mengalami demam dan penyakit yang menular, itu akan masuk pantauan dokter atau pukesmas setempat,” jelas Fauzin. 

“Jadi kita pastikan jemaah haji indonesia tidak ada karantina setelah selesainya penyelenggaraan ibadah haji atau saat datang ke Indonesia,” tambahnya. 

Baca Juga: Pendeta Amsal Yowei Antar Jemaah Haji Papua ke Asrama Haji Makassar

2. Menag upayakan tambahan jatah Zamzam jemaah haji 2023

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas di Kompleks Parlemen Jakarta pada Selasa (30/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Menag Yaqut mengaku, akan berjuang agar tahun depan jemaah Indonesia bisa mendapatkan Zamzam lebih dari 5 liter.

“Kita akan perjuangkan. Saya sudah komunikasi dengan berbagai pihak. Dengan Pak Menteri Haji (Arab Saudi) juga saya sampaikan,” kata Gus Men usai berkeliling Masjidil Haram untuk mengecek jemaah haji, Minggu (17/7/2022).

“Setelah semua proses ibadah selesai jemaah pulang. Saya akan kembali ke sini untuk mengikhtiarkan banyak hal salah satunya penambahan Zamzam,” tambahnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya