TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Pasang Capres yang Digadang Kuat di Pilpres 2024

Ada pergeseran kriteria capres: merakyat dan cerdas

Ilustrasi pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta, IDN Times - Menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024, bursa calon presiden dan wakil presiden kian ramai, dan sejumlah hasil survei mulai menunjukkan siapa saja sosok yang berpeluang besar menang pada 2024.

Terdapat dua pasangan yang disebut-sebut kuat maju sebagai capres dan cawapres, yaitu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pakar komunikasi politik, Hendri Satrio, mengatakan masing-masing pasangan, baik Prabowo-Puan maupun Ganjar-Anies memiliki keunggulan dan tantangan tersendiri.

Baca Juga: Tepis Isu Safari Politik Prabowo, Gerindra Klaim hanya Silaturahmi

1. Prabowo-Puan duet yang diunggulkan survei

Megawati Soekarnoputri (pojok kiri), Prabowo Subianto (tengah) dan Puan Maharani (pojok kanan) ketika bertemu di ruang VVIP Istana Negara pada November 2021 (www.instagram.com/@puanmaharani)

Dilansir ANTARA, pasangan Prabowo-Puan disebut duet yang unggul dalam beberapa survei yang dilakukan, misalnya oleh Saiful Mujani & Consulting dan Center for Political Communication Studies.

Hendri mengatakan kemungkinan duet ini bisa terjadi apabila Prabowo berhasil mendapat kepercayaan dari PDIP, yang sepenuhnya ditentukan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri, untuk maju kembali dalam perebutan kursi presiden RI.

“Belum tentu juga koalisi, kan Puan juga ketemu dengan Anies, dengan AHY, dan lain-lain. Justru, saat ini posisinya Puan yang ada di atas angin. Puan yang menentukan siapa yang ingin dia pilih sebagai capres atau cawapres,” kata dia.

Baca Juga: Partai Demokrat Belum Tentukan Sikap Resmi Soal Capres 2024

2. Peluang pasangan Ganjar-Anies

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara, pasangan Ganjar Pranowo-Anies Baswedan unggul dalam survei yang diadakan Charta Politika dan Indikator Politika.

"Sementara untuk pasangan Ganjar-Anies, apakah Anies ganjar peluangnya bisa disatukan, bisa-bisa saja, tetapi beban berat itu bukan di Anies, tetapi Ganjar Pranowo," kata Hendri.

Guna mendukung Ganjar Pranowo maju pada Pilpres 2024, Sahabat Ganjar bahkan melaksanakan deklarasi serentak di 50 kota di 34 provinsi di Indonesia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya