TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

34.000-an Pekerja Migran Balik Indonesia, Jokowi: Kawal hingga Daerah!

Jokowi ingin agar kepulangan pekerja migran berjalan baik

Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta seluruh jajarannya untuk mengawasi kepulangan lebih dari 34.000 pekerja migran Indonesia. Ia mengingatkan agar pengawasan dilakukan hingga ke daerah-daerah.

"Yang berkaitan dengan kepulangan pekerja migran Indonesia agar betul-betul berjalan dengan baik di lapangan," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/5).

Baca Juga: 34 Ribu Pekerja Migran Gelombang Kedua akan Pulang ke RI di Bulan Juni

1. Jokowi sebut lebih dari 34.000 pekerja migran Indonesia akan kembali ke Tanah Air

Dok. Biro Pers Kepresidenan

Menurut laporan yang ia terima, Jokowi menyebut pada bulan Mei dan Juni ada sekitar lebih dari 34.000 pekerja migran Indonesia akan kembali ke Tanah Air. Kepulangan mereka karena masa kontrak yang sudah berakhir.

"Saya juga menerima laporan bahwa pada bulan Mei dan Juni ada kurang lebih 34.000 pekerja migran Indonesia yang kontraknya akan berakhir," tutur Jokowi.

2. Jawa Timur memiliki pekerja migran Indonesia terbanyak

Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi lalu menjabarkan jumlah pekerja migran di setiap daerah, antara lain Jawa Timur sebanyak 8.900 pekerja, Jawa Tengah 7.400 pekerja, Jawa Barat 5.800 pekerja, Nusa Tenggara Barat 4.200 pekerja, Sumatera Utara 2.800 pekerja, Lampung 1.800 pekerja, dan Bali 500 pekerja.

"Ini agar betul-betul diantisipasi, disiapkan, ditangani proses kedatangan mereka di pintu-pintu masuk yang telah kita tetapkan dan diikuti pergerakan sampai ke daerah," jelasnya.

Baca Juga: Menaker Minta Para Pekerja Migran Indonesia Tunda Mudik 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya