TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Belum Pilih Jubir Baru Pengganti Fadjroel, Jokowi: Diri Sendiri Saja

Jokowi belum tentukan pengganti Fadjroel sebagai jubir

Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan belum butuh sosok juru bicara baru pengganti Fadjroel Rachman di Istana. Dia menuturkan masih mampu memberikan informasi ke publik tanpa juru bicara.

“Belum (ada jubir pengganti), diri sendiri saja,” ujar Jokowi dalam keterangannya di Akademi Bela Negara NasDem, Jakarta Selatan, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga: Jokowi: Mental Kita Jangan Inlander, Ketemu Bule Kayak Siapa Gitu

1. Istana: Jokowi belum beri arahan soal pengganti Fadjroel

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman. (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Mantan Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, telah dilantik menjadi Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LPBB) RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan.

Terkait hal ini, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan belum ada arahan dari Jokowi terkait pengganti Fadjroel sebagai juru bicara.

“Sampai saat ini belum ada arahan Presiden. Selain itu di Istana sudah ada Menteri Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet dan KSP,” ujar Bey dalam keterangannya, Senin (25/10/2021).

2. Komunikasi publik Istana bisa lewat KSP, Setneg dan Seskab

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Di sisi lain, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan kebutuhan jubir presiden tergantung tingkat urgensinya. Sebab, kata dia, masalah komunikasi publik Istana bisa melalui KSP, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) maupun Sekretaris Kabinet (Seskab). Bahkan, Presiden Jokowi juga sering menyampaikan keterangan pers sendiri tanpa melalui jubir. 

“Selama ini kan Bapak Presiden untuk bisa memberikan kepastian kepada publik dan masyarakat, beliau secara langsung menyampaikan kepada masyarakat, kepada publik,” kata Ngabalin saat dihubungi IDN Times, Senin (28/6/2021).

Menurutnya, jika nanti tidak ada jubir presiden, maka komunikasi publik Istana tetap bisa berjalan seperti biasa.

“Karena selama ini kan juga berjalan dengan baik tanpa ada halangan, sehingga apakah nanti Bapak Presiden mau menunjuk lagi juru bicara baru dengan staf khusus komunikasi, itu tentu Bapak Presiden yang tahu dan seberapa tahu tingkat kebutuhannya. Jadi tidak ada masalah,” ujarnya.

“KSP, Setneg, dan Seskab menjadi tiga pilar penting dalam komunikasi publik di Istana Negara, jadi normal saja,” lanjut Ngabalin.

Baca Juga: Istana: Jokowi Belum Beri Arahan soal Pengganti Fadjroel

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya