TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bertemu Jokowi di Istana, Ini Cerita Pemilik Warung Korban Penjarahan 

Ia dikasih baju dan uang

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengundang Usma (64), korban penjarahan aksi 21-22 Mei 2019, ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (27/5). Sebelumnya Jokowi telah mengundang dua korban penjarahan lainnya yakni Abdul dan Ismail.

Baca Juga: FOTO: Situasi Sarinah Setelah Demo Bawaslu 21-22 Mei

1. Usma mendapatkan 3 baju dari Jokowi

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pertemuan Usma dan Jokowi berlangsung pukul 10.00 WIB. Usma yang datang seorang diri mengenakan pakaian bermotif batik coklat. Pertemuan keduanya berlangsung sekitar setengah jam.

"Dikasih baju aja. Baju ini, tiga," kata Usma setelah bertemu Jokowi. Saat ditanya apa yang dibicarakan dengan Jokowi, Usma tidak menjawab dengan detail.  

Menurutnya, baju-baju pemberian Jokowi akan sangat bermanfaat karena baju-baju miliknya habis terbakar saat kericuhan 21-22 Mei.

"Gantinya baju saya aja, kan habis," ucapnya.

2. Usma mendapatkan bantuan uang dari Jokowi

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain baju, Usma juga mendapatkan bantuan berupa uang. Namun, Usma enggan memberitahu berapa jumlahnya. Dia berencana menggunakan uang tersebut untuk modal berjualan kembali.

"Sama uang tambahan buat belanja," ujar Usma.

Saat bertemu Jokowi, Usma menyampaikan bahwa Jokowi menyuruhnya untuk membuka usaha lagi. "Suruh jualan lagi aja, kerja keras lagi. Paling habis lebaran, lah," katanya.

3. Usma berangkat dari Kuningan menuju Istana

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pria yang berasal dari Kuningan, Jawa Barat, mengaku telah berjualan toko kelontong di sekitar Jalan Wahid Hasyim selama 25 tahun. Dan ia hanya pulang ke kampung halamannya setiap dua bulan sekali.

Menurutnya, sebelum datang ke Istana, ia berada di Kuningan, namun dijemput oleh aparat kepolisian untuk bertemu dengan Presiden.

"Saya kan udah mudik, (tapi) dibawa polisi ke sini," jelasnya.

Meski sempat mengalami penjarahan, hal itu tidak membuatnya trauma. Usma berencana untuk kembali membuka usahanya di tempat yang sama.

Baca Juga: Kisah Mengharukan Pemilik Warung yang Isinya Habis Dijarah Perusuh

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya