TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cegah Korupsi Anggaran COVID-19, Jokowi Libatkan BPKP hingga KPK

Anggaran untuk penanganan COVID-19 triliunan, rawan korupsi

Presiden Jokowi saat mengunjungi Gedung BNPB pada Rabu, 10 Juni 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta adanya tata kelola pengawasan untuk pencegahan korupsi. Dia mengatakan, tata kelola tersebut tak bisa hanya dilakukan oleh satu lembaga saja karena anggaran untuk penanganan COVID-19 sangat besar mencapai Rp677 triliun.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2020 yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/6).

Baca Juga: Cegah Korupsi Bansos, Jokowi Minta KPK dan Kejaksaan Dilibatkan 

1. Jokowi minta kerja sama bersinergi antar lembaga

Dok. Biro Pers Kepresidenan

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Inspektorat, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) diminta Jokowi untuk fokus pada pencegahan dan perbaikan tata kelola. Ia juga menginginkan agar dilakukan kerja sama sinergi dengan lembaga-lembaga eksternal lainnya.

"Kerja sama sinergi dengan lembaga-lembaga pemeriksa eksternal, BPK, harus terus dilakukan. Demikian juga sinergi antara aparat penegak hukum kepolisian, kejaksaan, KPK, harus kita lanjutkan," ujar Jokowi.

2. Jokowi yakini Indonesia bisa hadapi tantangan besar ke depannya

Presiden Jokowi saat mengunjungi Gedung BNPB pada Rabu, 10 Juni 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi lalu menyampaikan, dengan adanya dukungan dan check and balance dari semua pihak termasuk masyarakat, maka Indonesia bisa mengatasi tantangan-tantangan ke depannya.

"Saya yakin kita bisa bekerja lebih baik menangani semua tantangan dengan lebih cepat dan bangkit, maju, mengawal agenda-agenda besar yang penting untuk bangsa menuju ke sebuah Indonesia maju," jelasnya.

Baca Juga: Anggaran COVID-19 Rp677 Triliun, Jokowi: Gigit Keras yang Niat Korupsi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya