TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ditunjuk Jadi Menteri KP, Trenggono: Saya Harus Belajar soal Laut

Trenggono akan belanja masalah untuk evaluasi

Pengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Sakti Wahyu Trenggono telah resmi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) usai dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana hari ini. Pria yang biasa dipanggil Trenggono ini mengaku kaget saat mendengar kabar dirinya ditunjuk sebagai Menteri KP, untuk menggantikan Edhy Prabowo.

"Saya diberitahu oleh Bapak Menteri Sekretaris Negara minggu lalu dan terus terang ini adalah berita yang cukup mengagetkan," kata Trenggono seperti disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Jokowi Lantik 6 Menteri Baru Hasil Reshuffle

1. Trenggono akan belajar tentang laut terlebih dahulu

Pengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Meski kaget saat mendapatkan tawaran memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan, namun Trenggono mengungkapkan akan lebih banyak belajar tentang laut. Sebab, Indonesia termasuk negara kepulauan yang besar.

"Saya harus banyak belajar tentang laut. Kita ini adalah negara kepulauan yang daratannya lebih sedikit dibandingkan dengan kelautan. Kalau kita kelola dengan baik, itu akan memberikan manfaat yang besar bagi bangsa dan generasi berikutnya," jelas Trenggono.

2. Trenggono akan belanja masalah di KKP untuk evaluasi

Wahyu Sakti Trenggono (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Terkait rencana terobosannya di KKP, Trenggono menyampaikan, yang utama adalah menjaga ekosistem laut agar bisa berjalan dan tidak rusak. Selain itu, ia juga menuturkan agar ekosistem di laut bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Itu yang akan kami lakukan dalam waktu yang saya kira tidak lama barangkali 1-2 bulan ke depan, saya akan belanja masalah untuk mengevaluasi semua apa yang sudah dilakukan, mana yang baik kita lanjutkan, yang tidak baik kita hentikan," tuturnya.

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Jokowi Lantik 6 Menteri Baru Hasil Reshuffle

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya