TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi Lantik 7 Anggota Komisi Yudisial di Istana Negara

Pelantikan digelar dengan protokol kesehatan COVID-19

Pengucapan Sumpah Anggota Komisi Yudisial Masa Jabatan 2020-2025 (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik tujuh anggota Komisi Yudisial (KY) periode 2020-2025 di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin (21/12/2020). Acara pelantikan itu digelar sejak pukul 09.30 WIB.

Melalui siaran langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, pelantikan Komisi Yudisial digelar dengan protokol kesehatan COVID-19, di mana yang hadir dibatasi, saling jaga jarak dan wajib menggunakan masker.

Baca Juga: Sah! 7 Anggota Komisi Yudisial Ditetapkan DPR RI, Siapa Saja Mereka?

1. Jokowi hadir di pelantikan didamping oleh Ma'ruf Amin

Pengucapan Sumpah Anggota Komisi Yudisial Masa Jabatan 2020-2025 (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Ketujuh anggota KY dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 131/P/2020 tentang pemberhentian dengan hormat anggota Komisi Yudisial 2015-2020 dan pengangkatan anggota Komisi Yudisial 2020-2025.

Dalam pelantikan tersebut, Jokowi hadir didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Selain mereka, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dan Sekretaris Kabinet Pramono juga hadir dalam pelantikan.

2. Tujuh Anggota Komisi Yudisial mengucap sumpah jabatan di hadapan Jokowi

Pengucapan Sumpah Anggota Komisi Yudisial Masa Jabatan 2020-2025 (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Di hadapan Presiden Jokowi, ketujuh anggota KY tersebut mengucap sumpah jabatannya mereka. Secara bersamaan, mereka mengucapkan kalimat per kalimat dari janji mereka hingga lima tahun ke depan.

"Demi Allah saya bersumpah untuk melaksanakan tugas secara langsung atau tidak langsung, saya akan mempertahankan dan setia kepada UUD 1945 bagi negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya bersumpah dengan tidak menjanjikan apa pun atau memberikan apa pun," kata mereka bersamaan.

Baca Juga: Lolos Seleksi Anggota Komisi Yudisial, Hakim Kasus Kopi Sianida 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya