TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Megawati Akui Bisa Segala Jenis Tari Tradisional

Megawati sudah belajar tari sejak usia 5 tahun

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri acara PDIP "Penyampaian Penghargaan bagi Atlet Paralimpiade Indonesia, Tokyo 2020" pada Jumat (24/9/2021). (youtube.com/PDI Perjuangan)

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengaku disuruh belajar segala jenis tarian oleh ayahnya, Presiden pertama RI, Sukarno, sejak usia lima tahun. Sebab, menurut Sukarno, menari dapat menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri.

“Ayah saya dulu mengharuskan kami mulai umur lima tahun, kami sudah mesti belajar menari. Saya bisa tari Jawa, Bali, Sunda, Sumatra. Karena apa, itupun bagian dari olahraga,” ujar Megawati dalam acara penyerahan penghargaan kepada para atlet Paralimpiade Tokyo 2020 yang digelar partainya, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Megawati: Saya Di-lockdown Mbak Puan, Anak Sayang Ibu

1. Megawati sebut menari menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers usai pengukuhan dirinya sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024 dalam Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019). Megawati Soekarnoputri terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Dengan menari, kata Megawati, bisa menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan kiri, serta bisa menjaga kebugaran tubuh dengn bergerak. Menurut dia, berolahraga sambil mendengarkan lagu juga akan membuat tubuh lebih baik.

“Saya heran kenapa saat olahraga tidak diperdengarkan lagu. Mereka tidak bisa menjawab. Padahal selagi olahraga bisa dengarkan lagu, bisa seimbangkan otak kanan dan kiri,” jelas Megawati.

Baca Juga: PDIP: Megawati Akan Berkontemplasi untuk Pilih Capres 2024

2. Megawati sebut olahraga bisa meningkatkan kepercayaan diri

Ilustrasi Aktivitas Olahraga di Kantor (IDN Times/Athif Aiman)

Selain itu, Megawati menyampaikan bahwa olahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Ia juga melihat hal itu dari para atlet. 

“Percaya diri datangnya itu semua sinar yang ada di dalam dada kita, kejiwaan kita, keluarnya melalui mata, jadi bagi saya itu sangat mudah melihat orang ini gugup, penakut,” ucap Megawati.

“Kalau olahragawan cirinya mereka berani menatap. Kenapa? Karena olahraga, jadi mengolah raga kita. Akibat badan sehat, begitulah harusnya watak dan jiwa bangsa Indonesia,” tambah dia.

Baca Juga: Jokowi Bagi Bonus Rp5,5 M buat Atlet Paralimpiade 2020 Peraih Emas

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya