TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

ABG Citayam Nongkrong di Jakarta, Anies: Buat Pengalaman, Silakan

Anies komentari fenomena Terowongan Kendal

Instagram/@aniesbaswedan

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan Jakarta telah menyiapkan ruang ketiga bagi siapa saja yang datang. Ruang ketiga ini, membuat semua orang menjadi setara.

Hal ini menyikapi banyaknya warga dari luar Jakarta yang berbondong-bondong mendatangi dan menikmati fasilitas ruang publik di Jakarta. Tak terkecuali para remaja dari Citayam, Kabupaten Bogor.

“Sebagai sebuah pengalaman, siapa saja silakan datang. Saya mengistilahkan demokratisasi Jalan Jenderal Sudirman. Karena menjadi milik semua, siapa saja bisa datang menikmati,” kata Anies, di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga: Anies Baswedan Soroti Fenomena ABG Citayam Nongkrong di Jakarta

1. Jalan Jenderal Sudirman berubah wajah

instagram.com/arianianggreni

Dia mengatakan, hadirnya ruang ketiga seperti di Jalan Jenderal Sudirman bisa dinikmati oleh siapa saja. Bukan hanya orang yang bekerja di sana saja. Namun kini, semuanya telah berubah wajah.

“Kita menyiapkan ruang ketiga menjadi ruang yang mensetarakan. Teman-teman ingat Jalan Jenderal Sudirman berapa tahun yang lalu? Jalan itu dimiliki oleh mereka yang bekerja di tempat ini saja diluar itu tidak bisa ikut menikmati jalan terbesar di republik ini jalan itu hanya dinikmati mereka yang bekerja,” terang dia.

Baca Juga: Pemprov DKI Kerahkan Petugas Sosialisasikan Kebersihan ke ABG Citayam

2. Imbas dari diperlebarnya trotoar

(Dok. scbd.com)

Anies mengatakan, hal ini juga terjadi semenjak trotoar diperlebar dan dipercantik. Menurutnya, lebarnya trotoar membuat mereka yang bekerja di kawasan tersebut bisa leluasa berjalan kaki. 

Bahkan, kata Anies, bukan hanya para pekerja tetapi juga seluruh warga Jabodetabek. 

“Seluruh warga Jabodetabek bisa menikmati jalan dengan pemandangan gedung-gedung tinggi satu-satunya di republik ini. Jadi yang kita miliki itu bukan sekedar hanya trotoar,” jelasnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya