TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jakarta Banjir, Ketua DPRD DKI: Sumur Resapan Anies Gak Guna!

Sumur resapan dinilai tak efektif cegah banjir

ilustrasi sumur resapan (IDN Times/Aryodamar)

Jakarta, IDN Times - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengkritik keras Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena banjir yang terjadi di Jakarta usai diguyur hujan seharian. Pras, sapaan akrabnya, menuturkan Anies seharusnya membereskan proyek normalisasi atau naturalisasi kali, bukan membuat sumur resapan.

“Jadi beresin dulu yang namanya normalisasi atau naturalisasi. Bukan menambah permasalahan, apa yang dibuat oleh gubernur hari ini, perencanaan sumur resapan ini tidak ada gunanya,” kata Pras kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: 64 RT di Jakarta Barat Terendam Banjir, 815 Orang Mengungsi

1. Anies harusnya selesaikan proyek normalisasi kali

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam agenda rapat bersama Badan Musyawarah DPRD DKI Jakarta, Senin (27/9/2021). (instagram.com/prasetyoedimarsudi)

Dia mengatakan program normalisasi dan naturalisasi bantaran kali seharusnya dapat menjadi andalan dalam mengatasi banjir di DKI Jakarta. Namun, ia menyayangkan Anies malah membuat sumur resapan.

“Bukan semata-mata tiba-tiba ujug-ujug ada sumur resapan. Ini tidak ada gunanya buat masyarakat Jakarta,” kata dia.

2. Normalisasi kali lebih efektif ketimbang sumur resapan

(Pekerja dengan alat berat mengeruk endapan sampah bercampur lumpur di Sungai Ciliwung kawasan Kampung Melayu, Jakarta) ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Adapun, kata Pras, jika program normalisasi kali bisa dilaksanakan dengan benar dan selesai maka dapat dilihat sejauh apa banjir di Jakarta bisa teratasi. Genangan-genangan yang terjadi ketika hujan seperti saat ini, disebutnya tak akan terjadi. 

“Kemarin banjir Cengkareng, Grogol, ya harus diberesin. Fokuslah sama kerjaan, sayang anggaran besar kalau hasilnya tetap banjir," tegasnya.

Baca Juga: Murka Anies Akibat Sumur Resapan Dikritik, Kontraktor Dievaluasi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya