TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ternyata Banjir di Kota Bekasi Ada yang Sampai 6 Meter

Namun BNPB tidak merinci wilayahnya

Banjir di Perumahan Pondok Gede Permai (IDN Times/Fitang Budhi Aditia)

Jakarta, IDN Times - Banjir empat meter ternyata bukan yang paling tinggi di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Banjir tertinggi ternyata sampai enam meter dan terjadi di Kota Bekasi. Namun kini sudah surut.

Ketinggian air saat banjir pada 1 Januari 2020 itu terungkap dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Baca Juga: [FOTO] Dampak Banjir 4 Meter di Pondok Gede, Mobil Sampai Terbalik

1. Daerah yang banjir hingga 6 meter kini sudah surut jadi 3 meter

Banjir di Perumahan Pondok Gede Permai (IDN Times/Fitang Budhi Aditia)

Dalam keterangan tertulis BNPB, Jumat (3/1), berdasarkan laporan dari BPBD pukul 12.00 WIB, saat ini genangan banjir di beberapa lokasi sudah mulai surut. Di Kabupaten Bekasi air yang sebelumnya mencapai 300 cm atau tiga meter kini surut menjadi 20 cm-30 cm.

Sedangkan di Kota Bekasi, ketinggian air yang semula 600 cm atau enam meter kini menjadi 20 cm-300 cm. Namun tidak dirinci secara detail daerah mana yang rumah-rumahnya dipastikan tenggelam ini.

2. Depok, Bogor dan Jakarta Pusat sudah tidak ada genangan

IDN Times/Daffa Maududy Fitranaarda

Sementara, menurut Kapusdatinkom Agus Wibowo, di Kabupaten Bogor air sudah surut dari 200 cm menjadi 20 cm-30 cm, Kota Tangerang dari 200 cm menjadi 30 cm-50 cm, Kota Tangerang Selatan dari 200 cm menjadi 0-20 cm, di Kota Depok dan Kota Bogor sudah tidak ada genangan.

Sedangkan di DKI Jakarta genangan juga sudah surut, di Jakarta Timur dari 310 cm menjadi 20 cm-25 cm, Jakarta Barat dari 70 cm menjadi 20 cm-70 cm, Jakarta Selatan dari 200 cm menjadi 20 cm-200 cm, Jakarta Utara dari 70 cm menjadi 20 cm-70 cm, dan di Jakarta Pusat sudah tidak ada genangan.

Dijelaskan pula, berdasarkan pantauan dari petabencana.id terdapat 2 genangan di Jakarta Utara dengan kedalaman 66 cm dan di Tangerang dengan kedalaman 23 cm.

Baca Juga: Wali Kota Rahmat Effendi: 75 Persen Wilayah Bekasi Terendam Banjir

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya