Wali Kota Rahmat Effendi: 75 Persen Wilayah Bekasi Terendam Banjir

Alat berat diturunkan untuk bantu evakuasi paska banjir

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan sekitar 75 persen wilayah Bekasi terendam banjir paska hujan besar beberapa hari lalu.

Sejumlah wilayah seperti Kemang Pratama, Jati Asih, dan Perumahan Kejaksaan menjadi kawasan yang paling parah terdampak banjir. Lalu, apa langkah dari Pemkot Bekasi untuk mengatasi kondisi tersebut?

1. Pemkot Bekasi kerahkan perahu karet untuk evakuasi warga

Wali Kota Rahmat Effendi: 75 Persen Wilayah Bekasi Terendam BanjirWarga Kompleks Jaka Kencana bersihkan lumpur pasca banjir, Kamis (2/1). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Rahmat mengatakan pihak Pemkot Bekasi telah terjun ke lokasi terdampak banjir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Hampir 75 persen (terendam banjir). Sekarang ini kita gak bisa berbuat apa-apa, hanya mengirim perahu evakuasi,” kata Rahmat di Perumahan Villa Jatisari, Jati Asih, Bekasi, pada Jumat (3/1). 

Baca Juga: [BREAKING] Korban Tewas Akibat Banjir di Jadebotabek Jadi 43 Orang

2. Sejumlah alat berat diturunkan untuk evakuasi paska banjir

Wali Kota Rahmat Effendi: 75 Persen Wilayah Bekasi Terendam BanjirWarga Kompleks Jaka Kencana bersihkan lumpur pasca banjir, Kamis (2/1). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Wali Kota mengatakan sejumlah alat berat telah diturunkan untuk membantu evakuasi barang-barang warga termasuk kendaraan yang terbawa arus saat banjir.

“Sebenarnya airnya sudah gak ada tinggal lumpur aja. Recovery nya truk sampah, becko buat dorong lumpur dan Damkar,” ujar Rahmat. 

3. Kota Bekasi dapat bantuan dari PUPR untuk perbaikan tanggul yang jebol

Wali Kota Rahmat Effendi: 75 Persen Wilayah Bekasi Terendam BanjirIDN Times/ Muchammad Haikal

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, Wali Kota Bekasi dua periode ini mengaku telah mendapatkan alokasi dana untuk perbaikan tanggul yang jebol di aliran sungai Bekasi dari Kementerian PUPR.

“Bersyukurlah mungkin di Pondok Gede Permai bisa dibuat (tanggul) permanen dan bisa dibuat lebih tinggi. Di Kemang lalu di Mitra Lestari, Villa Jati Rasa pokoknya yang mengaliri daerah aliran sungai (akan dibuat tanggul yang lebih tinggi),” kata dia. 

https://www.youtube.com/embed/iW0a8OFyNxY

Baca Juga: Dievakuasi dari Banjir, Mak Nyak Film Si Doel: Kalau Gak Kelelep Kali

Topik:

Berita Terkini Lainnya