TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Greta Thunberg Akan Jadi Ikon COP 25 di Madrid

Aktivis iklim itu kembali berlayar ke Eropa

Aktivis iklim Greta Thunberg berlayar ke Portugal untuk kemudian mengikuti COP 25 di Madrid, Spanyol (Twitter @Greta Thunberg)

Lisbon, IDN Times – Konferensi Perubahan Iklim 2019 atau disebut COP 25 dihadiri 50-an pemimpin dunia, termasuk kepala negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Namun, yang bakal menjadi ikon pertemuan tingkat tinggi kali ini adalah Greta Thunberg.

Greta adalah aktivis berusia 16 tahun yang mencetuskan aksi demonstrasi iklim di depan parlemen Swedia. Tindakan Greta menginspirasi demonstrasi iklim oleh kalangan muda di seluruh dunia. Bahkan, sikap Greta mendapatkan dukungan dari pejuang iklim lainnya, lintas usia.

Greta berupaya menunjukkan konsistensi tidak menyumbang emisi karbon, misalnya, dengan menolak bepergian jauh menggunakan pesawat terbang.

Selama ini banyak kritik terhadap mereka yang menyebut dirinya peduli lingkungan, tapi menghasilkan ribuan emisi karbon untuk dapat ke COP dan konferensi perubahan iklim lainnya. Ajang COP bahkan menuai kritik sebagai pasar perdagangan karbon.

Mengulangi perjalanan berlayar lintas laut Atlantik untuk berpidato di Sidang PBB di New York, Amerika Serikat, September 2019, kali ini Greta melakukan hal yang sama untuk hadir di COP 25 di Madrid, Spanyol.

Baca Juga: Dinominasikan Nobel Perdamaian di Usia Belia, Siapa itu Greta Thunberg

1. Greta Thunberg berlayar ke Madrid bersama pasangan pemilik kapal dari Australia

Aktivis iklim Greta Thunberg berlayar ke Madrid bersama pasangan pemilik kapal dari Australia (Twitter @GretaThunberg)

“Menuju Lisbon!”, demikian pengumuman di akun Twitter @GretaThunberg yang punya 3 jutaan pengikut. Kanal televisi Reuters menunjukkan klip video Greta yang menumpangi kapal katamaran “La Vagabonde” bersama Riley Whitelum (@Sailing_LaVaga), Elayna Carausu, dan warga Inggris @_NikkiHenderson.

Perjalanan berlayar dimulai dari Hampton, Virginia, pada 14 November 2019. Setelah 20 hari berlayar termasuk mengalami cuaca buruk, rombongan Greta tiba di Lisbon, Portugal.
Rencananya, pada 3 Desember ini, Greta akan bertemu dengan aktivis perubahan iklim di Portugal, sebelum melanjutkan perjalanan ke Madrid lewat jalur darat.

Menteri Lingkungan Hidup Portugal Matos Fernandes mengirimkan surat, berterima kasih kepada Greta atas aktivitasnya. Fernandes sudah berada di Madrid saat Greta mampir di Lisbon.

2. Greta Thunberg bakal bergabung dengan ribuan demonstran iklim di Madrid pada Jumat ini

Delegasi Indonesia menghadiri COP 25 di Madrid, 2 Desember 2019. (Dok. Humas KLHK)

KTT Perubahan Iklim di Madrid dimulai pada Senin, 2 Desember 2019, dan berlangsung sampai 13 Desember 2019.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam pidato di pembukaan konferensi mengingatkan, bahwa krisis iklim membuat planet bumi dalam situasi "tidak ada alasan untuk mundur" dari keseriusan mengurangi emisi karbon.

Prioritas penting yang harus diputuskan di COP 25, termasuk membangun kerangka waktu yang disepakati bersama bagi negara anggota untuk implementasi rencana aksi penurunan emisi karbon mereka, mencari solusi bagi masalah perdagangan karbon internasional. Ini adalah hal-hal yang belum disepakati oleh delegasi yang bertemu di COP 24 tahun 2018 di Polandia.

Baca Juga: Greta Thunberg Tuding Pemimpin Dunia Tak Becus Atasi Perubahan Iklim

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya