TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ketahui Tanda-tanda Datangnya Siklon Tropis, Begini Caranya

Lebih baik siaga sebelum terjadi

Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Jakarta, IDN Times - Siklon tropis merupakan salah satu fenomena alam yang harus diwaspadai karena besarnya dampak yang ditimbulkan mulai dari angin kencang, hujan deras, banjir bandang, hingga tanah longsor.

Dikutip dari situs Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), siklon tropis sangat berbahaya. Maka itu, BMKG membentuk Tropical Cyclone Warning Centre (TWTC) yang bertugas memantau setiap kejadian siklon tropis, dan memberi informasi serta peringatan dini.

Namun, tidak ada salahnya kita sebagai masyarakat mengetahui tanda-tanda akan terjadinya siklon tropis. Simak yuk!

Baca Juga: Mengenal Siklon Tropis yang Marak di Indonesia, Harus Waspada

1. Terbentuk awan Cumolonimbus

Ilustrasi Awan (IDN Times/Sunariyah)

Tanda-tanda menonjol yang bisa dilihat kita sebagai masyarakat awam adalah adanya gumpalan awan besar dan menjulang tinggi, yang disebut awan Cumolonimbus.

Awan ini merupakan awan guntur, sebagai penanda bahwa wilayah yang terdapat awan ini memiliki konvektif kuat dan menghasilkan badai guntur. 

2. Cuaca lembab di ketinggian sekitar 5 km

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Salah satu terbentuknya siklon tropis adalah adanya cuaca yang lembab di ketinggian sekitar 5 km. Cuaca yang lembab mampu mendorong kumpulan-kumpulan awan untuk mengikat kelembapan, dan menjadikan kumpulan awan tersebut lebih besar, sehingga bisa membentuk siklon tropis. 

Baca Juga: Fakta Unik Nama Siklon Tropis di Indonesia, Seroja Mau Dipensiunkan?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya