TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anies Capres Nasdem 2024, Demokrat: Selaras dengan Kriteria AHY

Demokrat punya sejumlah kriteria Capres 2024

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menanggapi keputusan NasDem mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Dia mengatakan, Anies merupakan sosok yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan Demokrat, sebagaimana yang disampaikan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

"Sejauh ini rekam jejak Anies Baswedan ini memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang selama ini Demokrat perjuangkan," ujar Herzaky di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat.

"Jelas bahwa memang Anies memiliki keselaraan dengan kriteria yang disampaikan oleh AHY. Ke depannya bersanding atau seperti apa ya kita lihat," sambung dia.

Baca Juga: Jadi Capres NasDem, Anies: Kami Terima, Kami Siap!

Baca Juga: NasDem Resmi Deklarasikan Anies Capres 2024: Pimpinlah Bangsa Ini

1. Kriteria capres Demokrat

ilustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Herzaky menjelaskan, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi sosok capres bila ingin diusung Demokrat. Di antaranya memiliki integritas, elektabilitas, hingga semangat membawa perubahan.

"Terkait figur capres dan cawapres seperti yang disampaikan oleh Ketum AHY saat Rapimnas Partai Demokrat 15 September lalu, kami itu memiliki kriteria tersendiri yang menitikberatkan kepada integritas, kapabilitas, elektabilitas, chemistry, dan yang paling penting adalah memiliki semangat perubahan dan perbaikan," kata dia.

Baca Juga: Majelis Warga Deklarasi Anies Capres 2024 

2. Demokrat hargai keputusan NasDem usung Anies

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Lebih lanjut, Herzaky menegaskan Demokrat menghargai pilihan NasDem yang mendorong Anies maju sebagai Capres 2024.

"Ada beberapa hal yg ingin kami sampaikan dulu. Demokrat menghormati kemandirian dan independensi tiap parpol dalam proses pengambilan keputusan karena ini sesuai dengan nilai-nilai yg dianut oleh partai Demokrat," ucap dia.

Menurut dia deklarasi dukungan itu merupakan hak partai politik (parpol) dalam mengambil keputusan. 

"Karena itu pula Demokrat menyambut baik langkah NasDem yg hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai capres dari Partai Nasdem untuk Pilpres 2024," imbuh Herzaky.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya