Comscore Tracker

Majelis Warga Deklarasi Anies Capres 2024 

Majelis Warga dukung partai yang usung Anies

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 57 orang perwakilan Majelis Warga mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Deklarasi itu disampaikan sebagai pernyataan Majelis Warga yang akan memilih Anies jika masuk sebagai capres pada Pemilu 2024.

1. Majelis Warga suarakan pelibatan rakyat yang lebih nyata dalam pesta demokrasi

Majelis Warga Deklarasi Anies Capres 2024 57 orang perwakilan Majelis Warga mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden Indonesia 2024. (dok. Majelis Warga)

Dalam deklarasi yang disampaikan di DKI Jakarta hari ini, Azmi Majid, pegiat warga asal Brebes, Jawa Tengah meminta pelibatan rakyat yang lebih nyata pada pesta demokrasi mendatang.

“Rakyat merupakan jiwa dan dasar adanya demokrasi. Karena itu, kinerja demokrasi haruslah sepenuhnya melibatkan dan mencerminkan kehendak serta perikehidupan rakyat,” ujar Azmi dikutip dari keterangan resmi Majelis Warga.

Menurut Azmi, prosedur demokrasi merupakan tata cara yang tidak seharusnya memutus akses rakyat dalam ikut ambil bagian dalam proses rekruitmen kepemimpinan nasional.

Baca Juga: Dino Patti Djalal Gelar Perpisahan Buat Anies Dihadiri Ribuan Orang

2. Deklarasi Majelis Warga diklaim telah menampung aspirasi rakyat

Majelis Warga Deklarasi Anies Capres 2024 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Lebih lanjut, Azmi menyatakan klaim bahwa deklarasi itu telah menampung aspirasi rakyat yang mengusung Anies sebagai capres 2024.

“Setelah proses panjang pengumpulan aspirasi rakyat, Majelis Warga menyatakan bahwa Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. merupakan Calon Presiden Rakyat yang diharapkan rakyat memimpin perubahan guna mengakselerasi perwujudan cita-cita kemerdekaan,” tutur Azmi.

3. Majelis Warga pede banyak partai yang deklarasikan Anies sebagai capres

Majelis Warga Deklarasi Anies Capres 2024 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melaksanakan salat Idul Adha 1443 Hijiriyah di Jakarta International Stadium (JIS). (instagram.com/@aniesbaswedan)

Majelis Warga sendiri meyakini akan ada banyak partai yang juga mengusung Anies sebagai capres 2024. Azmi pun menyinggung Partai NasDem, Demokrat, dan PKS yang telah memberikan sinyal koalisi.

Azmi juga menyatakan dukungan Majelis Warga kepada partai-partai yang berniat menjadi pengusung Anies.

“Perlu kolaborasi antara masyarakat politik dan masyarakat sipil untuk membangun formasi perubahan guna memastikan diwujudkannya apa yang menjadi kepentingan rakyat, bangsa dan negara,” tutur Azmi.

Baca Juga: Siap Jalani Tugas Berikutnya, Anies: Apa Aja, Karang Taruna Juga Siap

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya