TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mendagri Lantik Muhammad Musaad Jadi Pj Gubernur Papua Barat Daya

Pemerintah resmikan Provinsi Papua Barat Daya

Mendagri Lantik Muhammad Musaad Sebagai Pj Gubernur Papua Barat Daya. (youtube.com/Kemendagri RI)

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Muhammad Musaad sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya. Papua Barat Daya merupakan provinsi yang terhimpun dalam Daerah Otonom Baru (DOB) Papua, yang baru saja diresmikan pemerintah. 

Tito membacakan langsung sumpah pelantikan yang kemudian diikuti Muhammad Musaad.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat Daya dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya dan berintegritas serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Tito di Ruang Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, (9/12/2022).

Diketahui, sebelum melantik Pj Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musaad, Tito terlebih dahulu meresmikan Provinsi Papua Barat Daya. Dia memastikan peresmian Provinsi Papua Barat Daya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2022.

"Dengan rahmat Tuhan yang Maha Kuasa pada hari ini bertempat di Jakarta, saya Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI, dengan ini meresmikan Provinsi Papua Barat Daya berdasarkan UU nomor 29 Tahun 2022, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridai kita semua," ujar Tito.

Peresmian Provinsi Papua Barat Daya dilakukan dengan pemukulan musik tradisional asal Papua yakni Tifa, bersama Ketua DKPP Heddy Lugito, Menpan RB Abdullah Azwar Anas, dan Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo. Kemudian, Tito melanjutkan peresmian tersebut dengan menandatangani prasasti peresmian Provinsi Papua Barat Daya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemendagri telah meresmikan tiga provinsi sekaligus melantik Pj gurbenur di DOB Papua. Adapun ketiganya ialah Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo; Pj Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo; dan Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk.

Baca Juga: Tok, Pemerintah Resmikan Provinsi Papua Barat Daya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya