TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mental Kerja Erick Thohir Dinilai Layak Ditiru Partai Politik

Mental juara agar kader tak sekadar jadi petugas partai

Menteri BUMN, Erick Thohir. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Jakarta, IDN Times - Pakar Psikologi dari Universitas Airlangga (Unair), Suryanto, menilai, mental juara yang digaungkan oleh Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir pada ajang SEA Games 2023 layak ditiru partai politik.

Di PSSI, dorongan psikologis mental juara Erick Thohir berhasil mendorong Timnas Sepak Bola U-22 Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games 2023.

Baca Juga: Jokowi di Puncak Musra: Indonesia Butuh Pemimpin yang Tepat

Baca Juga: 7 Masalah yang Wajib Dikonsultasikan dengan Psikolog

1. Mental juara dibutuhkan kader parpol agar tak jadi sekadar petugas partai

Ilustrasi partai politik peserta pemilihan umum (pemilu) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurutnya, mental kerja keras itu layak untuk membangun bangsa Indonesia ke depan. Dia meyakini, dengan diterapkannya mental juara, maka kader-kader parpol yang mengemban jabatan publik dapat bertransformasi mengayomi masyarakat secara utuh dan tidak terkekang sebagai petugas partai.

“Pemimpin nasional nantinya bukan lagi semata-mata menjadi petugas partai. Tetapi sebagai petugas masyarakat Indonesia," kata Suryanto dalam keterangannya, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: 5 Perbedaan Sikap Tegas dan Otoriter, Seorang Pemimpin Wajib Tahu!

2. Mengandung ideologi dasar negara

southeast-asia-information.com

Suryanto menjelaskan, mental juara tersebut dapat diterapkan ke berbagai sektor kehidupan bernegara. Selain itu, mental juara yang disampaikan Erick Thohir disebut mengandung ideologi Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4).

"Ideologi P4 tersebut memiliki nilai adi luhur bangsa Indonesia. Seperti memiliki jiwa tidak mudah disuap, kedisiplinan, memberikan contoh keteladanan, dan memiliki integritas tinggi," ucap dia.

Baca Juga: Aliran Korupsi BTS Diduga Masuk 3 Parpol, Mahfud: Hukum yang Tentukan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya