TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menteri Berprestasi, Duet Prabowo-Erick Thohir Potensial pada 2024

PAN dorong duet Prabowo dan Erick Thohir

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir naik mobil berpelat Indonesia 1 (dok. Humas Prabowo)

Jakarta, IDN Times - Setelah PAN memutuskan bergabung sebagai koalisi pendukung Prabowo Subianto sebagai capres, nama Menteri BUMN, Erick Thohir digadang-gadang potensial mengisi jabatan sebagai cawapres mendampingi Prabowo.

Pengamat Politik dari Universitas Brawijaya, Anang Sujoko, menilai, peluang menang Prabowo dan Erick Thohir terbuka pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Presiden PKS Beri Sinyal Dukung Pasangan Anies-AHY pada Pilpres 2024

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Izin ke Parpol Koalisi Prabowo untuk Maju Cawapres

1. Prabowo dan Erick Thohir salah satu menteri yang menonjol

(Instagram/Prabowo)

Anang menilai, hal itu lantaran Prabowo dan Erick Thohir sama-sama merupakan menteri yang menonjol dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Erick Thohir yang menjadi pemimpin di Kementrian BUMN sekaligus PSSI ini berhasil meningkatkan popularitasnya. Sementara Prabowo yang juga berhasil menjadi pemimpin di Kementerian Pertahanan, kinerjanya banyak diapresiasi oleh publik. Ia berhasil membuat gebrakan dengan menyekolahkan para taruna muda TNI tiga matra ke Amerika Serikat.

Selain itu, beberapa alutsista yang didatangkan Prabowo juga memperkuat lini pertahanan Indonesia.

Anang menuturkan, rekam jejak yang dimiliki keduannya membuktikan bahwa Prabowo dan Erick Thohir diperhitungkan untuk Pilpres 2024. Terlebih keduanya memiliki ceruk pemilih dengan massa yang besar.

"Pasangan Prabowo-Erick ini punya background masing-masing menjadi menteri, ada banyak prestasi yang ditimbulkan dan dilihat oleh publik," tutur dia dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: Kirana Larasati Mundur dari PDIP, Bakal Dukung Prabowo?

2. Prabowo dan Erick Thohir saling melengkapi

(dok. Humas Prabowo)

Di sisi lain, Anang juga memandang kedua figur yang dekat dengan Jokowi itu punya kemampuan yang saling melengkapi.

"Ada kecocokan bagi calon pasangan Prabowo-Erick Thohir, ini ada analisis saya berdasarkan keduanya, yaitu memiliki skill (kemampuan) yang saling mengisi," jelas dia.

Baca Juga: Puan Yakin Jokowi Tak Ikut Campur soal 'Koalisi Gemuk' Prabowo

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya