Comscore Tracker

Mengajak Millennial Sadar Sains dan Data Lewat Kompetisi

Mengingatkan millennial betapa pentingnya menjaga data

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Data Academy berkolaborasi dengan Asosiasi Data Sains dan AI Indonesia (ASDASI) kembali menggelar Turnamen Sains Data Nasional (TSDN) 2022.

Turnamen berskala nasional ini bertujuan meningkatkan daya juang serta kesadaran pada pentingnya sains data dan artificial intelligence (AI), serta meningkatkan keahlian para pemuda Indonesia di bidang teknologi.

“Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022, TSDN diharapkan dapat menumbuhkan  nilai perjuangan serta minat dan bakat anak anak muda dalam bidang data sains dan teknologi,” kata Direktur Data Academy, Luthfy Ardiansyah.

1. Diharapkan diikuti lebih dari 3.500 peserta

Mengajak Millennial Sadar Sains dan Data Lewat KompetisiIlustrasi Pelajar. (IDN Times/Mardya Shakti)

Adapun tema TSDN 2022 adalah Implementasi Data Sains & Artificial Intelligence untuk Bisnis. Harapannya, TSDN 2022 diikuti lebih banyak peserta dari tahun sebelumnya yang menyentuh angka 3.500 peserta, yang terdiri dari pelajar SMA/SMK, mahasiswa, penggiat data, hingga pekerja profesional di bidang data sains.

“Tema yang menarik dan cukup menantang untuk dapat memacu daya kreatifitas yang dibutuhkan generasi muda saat ini. Selain itu, turnamen ini didasari oleh sinergi yang baik antarsektor pendukung konsep link and match, yaitu prinsipal, edukasi, profesional, komunitas, industri serta pemerintahan.” ujar Luthfy.

Baca Juga: Mengenal Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

2. Mengajak anak muda menyadari pentingnya menjaga data

Mengajak Millennial Sadar Sains dan Data Lewat KompetisiIlustrasi keamanan data. (pexels.com/pixabay)

Pendiri ASDASI, Bambang Heru Tjahjono, berpendapat bahwa acara seperti ini bisa menumbuhkan kesadaran generasi muda terhadap keamanan data, selain menggugah mereka untuk lebih dekat dengan teknologi.

“Turnamen nasional ini sangat penting karena dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya data. Hal ini memerlukan semua pihak untuk terlibat. Semoga dengan adanya Sumpah Pemuda dan TSDN 2022, hal ini dapat menjadi langkah penting penguasaan data di Indonesia,” katanya.

3. Sekilas tentang TSDN dan Data Academy

Mengajak Millennial Sadar Sains dan Data Lewat KompetisiArtificial Intelligence (pixabay.com)

Pendaftaran turnamen ini resmi dibuka dalam tiga kategori peserta yaitu, kategori pelajar (SMA/SMK/Sederajat), mahasiswa, dan umum mulai 5 Oktober 2022 melalui laman web https://dataacademy.co.id/tsdn2022/ dan akan berlangsung hingga akhir Oktober ini.

Peserta yang mengikuti TSDN 2022 wajib memiliki tim dengan anggota minimal dua orang dan maksimal lima orang, serta dengan minimal usia 16 tahun. Turnamen ini menawarkan hadiah fantastis berupa uang tunai dengan total hingga 150 juga untuk seluruh kategori.

Sebagai informasi, Data Academy, yang merupakan penyelenggara dan sponsor utama TSDN 2022, merupakan pusat studi untuk para profesional di bidang data sains dan AI. Data Academy bersinergi dengan institusi edukasi, industri, pemerintahan dan komunitas membangun keterampilan di bidang Data Science dan AI.

Baca Juga: Buka Kompetisi Sains, Menag: Murid Madrasah Makin Moncer, Saranghaeyo!

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya