Kabar Baik, Total 10 Pasien COVID-19 di Sumbar Sembuh

Setiap hari ribuan orang masuk ke sumbar

Padang, IDN Times - Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Sumatera Barat (Sumbar), Jasman Rizal, merilis kabar gembira. Dua orang pasien positif Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Kota Bukit Tinggi, Kamis (16/4), dinyatakan sembuh total. Dengan demikian angka kesembuhan pandemi mematikan itu mencapai 10 orang.  

“Ada tambahan dua pasien kita yang sembuh hari ini. Satu perempuan berusia 28 tahun dan satu lagi laki-laki 42 tahun. Jadi sudah sepuluh pasien sembuh. Berdasarkan hasil laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) hari ini, tidak ada tambahan kasus positif. Jadi tetap 55 yang positif,” kata Jasman Rizal, Kamis (16/4).

1. Satu orang pasien meninggal

Kabar Baik, Total 10 Pasien COVID-19 di Sumbar SembuhIlustrasi. Pemakaman jenazah pasien Covid-19. Dok. IDN Times

Menurut Jasman, di tengah kabar gembira tersebut, pihaknya juga menyampaikan kabar duka. Satu orang pasien laki-laki berusia 60 tahun yang positif COVID-19, dan dirawat di RSUP M Djamil Padang, pagi tadi dinyatakan meninggal dunia. Jenazah almarhum dimakamkan di Kabupaten Pasaman Barat dengan standar protokol kesehatan yang ada.

“Kita berduka. Angka yang meninggal dunia sampai hari ini ada lima orang,”ujar Jasman.

Baca Juga: Pemkot Padang Perpanjang Waktu Home Learning

2. Sebanyak 39 PDP masih dirawat di rumah sakit

Kabar Baik, Total 10 Pasien COVID-19 di Sumbar SembuhRuang isolasi RSUD Kabupaten Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan

Jasman menambahkan, untuk angka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini berjumlah 194 orang, dengan rincian 39 orang di antaranya masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan. Lalu 132 orang sudah dinyatakan negatif COVID-19.

Pasien yang masih menjalani isolasi mandiri di rumah mencapai sebanyak 23 orang. Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sudah mencapai 6.099 orang, dengan 5.307 orang selesai pemantauan dan 792 orang lagi masih dalam proses pemantauan.

“Kita berdoa semoga pandemi COVID-19 ini dapat segera diatasi dan semoga saudara kita yang dirawat diberikan kesabaran dan kesembuhan,” tambah Jasman Rizal.

3. Sehari 4 ribuan yang masuk ke Sumbar

Kabar Baik, Total 10 Pasien COVID-19 di Sumbar SembuhPemeriksaan suhu banda para pendatang di Pos Pengetatan Pengawasan mobilisasi masyarakat ke PPU (IDN Times/Ervan Masbanjasr)

Meski Pemerintah Provinsi (Pemprov) terus mengimbau perantau untuk menahan diri agar tidak pulang kampung, namun berdasarkan data terbaru tercatat sudah 77.773 jiwa yang masuk. Dengan angka rata-rata per hari sebanyak 4.861 orang.

Mereka masuk dari 10 pintu kedatangan, termasuk Bandara Internasional Minangkabau.

Baca Juga: 19 Kepala Daerah di Sumbar Sepakat Usul PSBB ke Menteri Terawan  

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya