Sepak Terjang Idrus Marham, Menteri Pertama Jokowi yang Tersangka KPK

Idrus menyatakan mundur sebagai Menteri Sosial, hari ini.

Jakarta, IDN Times - Idrus Marham resmi mengundurkan diri dari jabatan Menteri Sosial (Mensos) di Kabinet Kerja. Mundurnya politikus Golkar ini lantaran tersandung kasus dugaan korupsi suap proyek PLTU Riau-1. 

Dalam kasus ini Idrus sudah diperiksa sebanyak tiga kali sebagai saksi yakni pada 18 dan 26 Juli, serta 15 Agustus 2018. Menengok rekam jejaknya, Idrus dipercaya sebagai Mensos menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Timur. Ia dilantik menjadi pembantu presiden pada Januari 2018.

Berikut sepak terjang Idrus Marham di dunia politik seperti dirangkum IDN Times.

1. Mengawali karier sebagai dosen

Sepak Terjang Idrus Marham, Menteri Pertama Jokowi yang Tersangka KPKANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sebelum terjun ke dunia politik, Idrus mengawali kariernya sebagai dosen. Doktor Ilmu Politik lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini pernah menjadi dosen di Universitas Islam Attahiriyah, Universitas Tarumanagara, dan Universitas 17 Agustus ’45 Jakarta. 

Semua itu ia jalani dalam kurun waktu tahun 1985 hingga 1992.

Baca Juga: Idrus Marham Resmi Mundur Sebagai Menteri Sosial 

2. Menjadi politisi di Partai Golkar

Sepak Terjang Idrus Marham, Menteri Pertama Jokowi yang Tersangka KPKANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sebelum dilantik menjadi menteri, Idrus pernah menduduki jabatan sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP Partai Golkar. Perjalanan karier sebagai politisinya dimulai pada tahun 1997 sebagai anggota MPR RI.

3. Mantan anggota DPR

Sepak Terjang Idrus Marham, Menteri Pertama Jokowi yang Tersangka KPKANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Idrus Marham menjadi anggota DPR dari Partai Golkar sejak tahun 1999. Namun, ia mengundurkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) untuk periode 2009-2014 pada 8 Juni 2011 dan menjadi Sekjen Partai Golkar hingga akhirnya diangkat menjadi Menteri Sosial pada 17 Januari 2018.

Baca Juga: Di Hadapan Publik, Idrus Marham Mengaku Dijadikan Tersangka Oleh KPK

4. Menikah di usia 47 tahun

Sepak Terjang Idrus Marham, Menteri Pertama Jokowi yang Tersangka KPKIDN Times/Indiana Malia

Sementara dalam kehidupan pribadinya, Idrus Marham melepas masa lajangnya pada umur 47 tahun dengan menikahi Ridro Ekasari pada 4 Juni 2009. Resepsi pernikahannya dilaksanakan di Masjid Dian al Makhri, Depok, Jawa Barat.

Istrinya merupakan mantan presenter televisi swasta Metro TV dan masih berusia 28 tahun. Ternyata Idrus dan istri terpaut usia 19 tahun lho.

Baca Juga: Agus Gumiwang Gantikan Idrus Marham Jadi Menteri Sosial

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya