Comscore Tracker

Makna dan Arti Sumpah Pemuda untuk Generasi Muda

Sumpah Pemuda jadi salah satu pembangun kepribadian bangsa

Jakarta, IDN Times – Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap 28 Oktober sebagai momen penting bersejarah bagi Indonesia yang merupakan sebuah perjuangan para pemuda Indonesia untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu kemerdekaan Indonesia.

Namun, seiring perkembangan zaman menjadikan generasi muda saat ini tidak memahami makna di balik Sumpah Pemuda yang sangat berpengaruh pada kemerdekaan Indonesia.

Berikut IDN Times kasih beberapa penjelasan makna dan arti Sumpah Pemuda.

1. Sumpah Pemuda lahir dari putusan Kongres Pemuda II

Makna dan Arti Sumpah Pemuda untuk Generasi MudaIlustrasi Suasana Kongres Pemuda pada 1928 (museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id)

Dikutip dari buku Sejarah Pergerakan Nasional karya Fajriudin Muttakin dan Wahyu Iryana, teks Sumpah Pemuda merupakan hasil keputusan dari Kongres Pemuda Indonesia II yang digagasan dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia yang digelar pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres Pemuda berawal dari adanya organisasi-organisasi pemuda yang mengacu dengan bangkitnya pergerakan nasional sejak Budi Utomo (1908) untuk melawan penjajah.

Teks Sumpah Pemuda dibacakan pada 28 Oktober 1928 sebagai penutup Kongres Pemuda II di Jalan Kramat Raya nomor 106 Jakarta Pusat yang sekarang menjadi Museum Sumpah Pemuda.

Pada Kongres terebut menghasilkan Trilogi Pemuda, yaitu Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa: Indonesia.

Tidak hanya Teks Sumpah Pemuda saja  yang dibacakan pasa saat itu, tetapi juga lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman juga pertama kali diperdengarkan.

Baca Juga: Perempuan-Perempuan Tangguh di Balik Sumpah Pemuda

2. Nilai-nilai Sumpah Pemuda

Makna dan Arti Sumpah Pemuda untuk Generasi MudaIDN/ Dendi Prastyar

Sumpah Pemuda sebagai peristiwa yang menjadi salah satu kekuatan untuk membangun kepribadian bangsa. Kekuatan tersebut berupa nilai-nilai luhur sebagai berikut:

  • Kebersamaan dan persaudaraan

Penderitaan akibat penjajah menimbulkan rasa kesamaan nasib yang semakin mempererat tali persaudaraan para pemuda. Sehingga rasa kebersamaan dan persaudaraan membuka kesadaran pemuda lah yang menjadi landasan utama untuk berjuang mewujudkan cita-cita bersama.

  • Toleransi

Toleransi dari para pemuda sangat tampak ketika para pemuda bersikap terbuka terhadap kemajemukan dan keberagaman. Pemuda saat itu tidak terbelenggu pada eksistensi agama, suku, dan lokalitas. Sehingga mereka berhasil mengikrarkan Sumpah Pemuda.

  • Tanggung jawab dan disiplin diri

Tanggal 28 Oktober 1928 merupakan saat pengucapan janji, para pemuda benar-benar menepati jani tersebut. Terbukti dengan perubahan cara berpikir dan tindakan para pemuda terhadap perbedaan diantara mereka, berubah menjadi perjuangan nasional lah yang disebut rasa tanggung jawab dan disiplin diri yang tinggi dari para pemuda.

  • Wawasan

Melalui Sumpah Pemuda membuka wawasan para pemuda tentang betapa luas dan beragamnya wilayah Indonesia.

  • Nasionalisme

Dengan adanya kebersamaan perasaan senasib, terancam dari musuh yag sama, dan mempunyai tujuan yang sama, yaitu kemerdekaan, mendorong bangkitnya nasionalisme pemuda. Sehingga nasionalisme lahir sebagai sebuah ikatan bersama, yaitu ikrar Sumpah Pemuda.

3. Makna Sumpah Pemuda bagi generasi saat ini

Makna dan Arti Sumpah Pemuda untuk Generasi MudaKongres Pemuda Indonesia 2020 (Dok. GNFI)

Dikutip dari buku Milenial Memaknai Supah Pemuda karya Samuel S. Ludi dkk, peristiwa Sumpah Pemuda tentu tetap memiliki kaitan dengan kehidupan saat ini, terutama bagi generasi muda (millenial). Generasi muda dapat  mengimplementasikan wujud dari Sumpah Pemuda sesuai konteks saat ini, melalui kemajuan teknologi dan keterbukaan pemikiran.

Berkaca dari sejarah Sumpah Pemuda pada 1928, pemuda saat ini juga harus memiliki tekad untuk terus berupaya menjaga kemerdekaan yang hakiki, Artinya terbebas dari intoleransi, keterbelakangan berpikir, meningkatkan rasa nasionalisme, serta menjaga persatuan dan persaudaraan bangsa.

Generasi muda Indonesia harus menanamkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam  kehidupan sehari-hari untuk memperteguh komitmen persatuan dan persaudaraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang sudah diperjuangkan oleh para pemuda pada masa perjuangan. Karena Sumpah Pemuda membuktikan bahwa generasi muda dapat memberikan dampak signifikan dalam terbentuknya sebuah negara.

Itu tadi makna dan arti Sumpah Pemuda yang harus kalian tahu! Selamat hari Sumpah Pemuda!

Baca Juga: Mengenal Tokoh-tokoh di Balik Sumpah Pemuda, Ada Kakek Dian Sastro!

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya