Menkumham Sidak ke Lapas Porong, Ini Hasilnya

Porong dipilih karena pernah terjadi transaksi narkoba

Surabaya, IDN Times - Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna Hamonangan Laoly langsung melakukan sidak pasca temuan fasilitas mewah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin. Kali ini, dia melakukan sidak di Lapas Klas I Surabaya di Porong Sidoarjo pada Minggu (22/7) malam. 

1. Menkumham mengaku tak dapati temuan yang menyimpang di Lapas Porong

Menkumham Sidak ke Lapas Porong, Ini HasilnyaDok IDN Times/Istimewa

Setelah melakukan penggeledahan di beberapa blok Lapas Porong, Yasonna mengaku tidak menemukan barang-barang aneh. Dia hanya menemukan colokan listrik, kipas angin, obat-obatan, obat nyamuk, pemanas air, korek, pisau, rokok, parfum, minyak angin, sendok, garpu, gunting, alat cukur.

"Kalau kipas angin protapnya tidak boleh karena berhubungan dengan listrik. Tetapi exhaus fan bisa karena berhubungan dengan kesehatan. Seperti warga binaan menderita asma atau juga penyakit yang lainnya," ujarnya.

Baca juga: Keanehan di Lapas Sukamiskin: Napi Bisa Tinggalkan Sel

2. Pemilihan Lapas Porong karena pernah terjadi transaksi narkoba

Menkumham Sidak ke Lapas Porong, Ini HasilnyaDok IDN Times/Istimewa

Yasonna menambahkan, Kemenkumham akan melakukan sidak yang sama di beberapa Lapas lainnya. Sedangkan untuk pemilihan sidak di Lapas Porong, dia ingin melihat apakah ada penyimpangan lagi di Lapas ini, karena beberapa waktu lalu ada kejadian pengendalian narkotika dari dalam Lapas. "Dulu narkoba, sekarang malah jual beli kamar. Makanya ini harus dibersihkan. Perbuatan seperti ini sangat mencoreng lembaga. Dan saya harap ini rutin dilakukan (sidak)," katanya.

3. Menkumham tunggu laporan Lapas se-Indonesia

Menkumham Sidak ke Lapas Porong, Ini HasilnyaDok IDN Times/Istimewa

Kejadian di Lapas Sukamiskin memang menjadi tamparan keras bagi semuanya. Dia berharap operasi yang dilakukan tidak hanya berlangsung pada hari ini saja dilakukan, tetapi harus konsisten dengan SOP yang telah diatur. Tak hanya itu, dia menunggu hasil dari Lapas lainnya. "Saya juga menunggu hasil laporan yang dilakukan oleh lapas-lapas lain di seluruh daerah," pungkasnya.

Baca juga: Alasan KPK Amankan Inneke di Kasus Suap Lapas Sukamiskin

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya