PolMark Indonesia: Millennials dan Gen Z Lebih Condong ke Gus Ipul

Wah, gimana nih pendukung Bu Khofifah?

Surabaya, IDN Times - Setelah melakukan voting sejak Mei sampai Februari 2018, Lembaga PolMark Indonesia merilis hasil survei Pilkada Jatim di Hotel Mercure Surabaya, Rabu (14/3). Hasilnya pun cukup mengejutkan.

Menurut PolMark Indonesia, sebanyak 42,7 persen suara dikantongi Gus Ipul Puti sedangkan Khofifah-Emil mengantongi 27,2 persen. Sementara sisa suara 30,1 persen masih belum diketahui. Sehingga kedua paslon ini masih bisa merebutkan sisa suara tersebut.

1. Suara millennials dan Gen Z masih condong ke Gus Ipul-Puti

PolMark Indonesia: Millennials dan Gen Z Lebih Condong ke Gus IpulDok. IDN Times/Istimewa

PolMark Indonesia menyampaikan surveinya telah mengambil sebanyak 1.200 responden. Dari total responden tersebut rentan usia 17-21 tahun ada sebesar 4,3 persen, Gus Ipul-Puti memperoleh 44,2 persen. Sedangkan Khofifah-Emil 30,8 persen. 

Pada usia 22-30 tahun sebanyak 13,4 persen suara. Gus Ipul-Puti mendapat 47,2 persen dan Khofifah-Emil 25,5 persen. Kemudian di usia 31-40 tahun, ada sebanyak 21,0 persen, Gus Ipul-Puti 44,8 persen, Khofifah-Emil 27,8 persen.

2. Secara popularitas Gus Ipul unggul tipis atas Khofifah

PolMark Indonesia: Millennials dan Gen Z Lebih Condong ke Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Direktur Riset PolMark Indonesia, Eko Bambang Subiantoro membeberkan, untuk popularitas Gus Ipul unggul sedikit di atas Khofifah. Gus Ipul mengantongi sebanyak 87,1 persen sementara Khofifah 84,1 persen. "Popularitasnya masih unggul, nah untuk kedisukaan Gus Ipul masih unggul dengan perolehan 72,9 persen, sedangkan Khofifah di angka 64,4 persen," ujarnya.

3. Popularitas Cawagub Emil unggul tipis di atas Puti

PolMark Indonesia: Millennials dan Gen Z Lebih Condong ke Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Jika Gus Ipul unggul popularitas di Cagub, berbeda dengan Cawagubya Puti. Menurut PolMark Indonesia, Puti masih tertinggal tipis dengan Emil Dardak. "Emil unggul di angka 33,9 persen dengan kedisukaan 21 persen. Puti di angka 33,3 persen dengan kedisukaan 21,4 persen," ucap Eko.

4. Survei di Mataraman, Tapal Kuda dan Arek Gus Ipul unggul

PolMark Indonesia: Millennials dan Gen Z Lebih Condong ke Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, Eko mengatakan untuk pemilih berdasarkan sosio politik paslon Gus Ipul-Puti unggul di tiga kawasan sedangkan Khofifah-Emil hanya satu kawasan saja. "Mataraman, Tapal Kuda , dan Arek jadi milik Gus Ipul Puti unggul di kawasan Madura saja," ucapnya.

Mataraman merupakan daerah Jawa Timur bagian barat. Adapun Tapal Kuda adalah kawasan Jawa Timur bagian timur. Sedangkan kawasan arek merupakan wilayah metropolitan yang terdiri dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, serta Malang. 

5. Pemilih lebih tertarik ke isu prioritas lapangan kerja

PolMark Indonesia: Millennials dan Gen Z Lebih Condong ke Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Nah, pemilih ini bukan tanpa alasan memilih paslon Gubernur dan Wagub. Berdasarkan survei PolMark, ada enam isu prioritas yang menjadi konsentrasi para pemilih. "Lapangan kerja jadi pertama lalu ada biaya hidup mahal, pendidikan berkualitas dan tuntas, korupsi, layanan dan akses serta infrastruktur. Pemilih mempertimbangkan itu," ucapnya.

Baca juga: Rhoma dan Soneta Siap Menangkan Khofifah-Emil di Jatim

6. Pribadi individu paslon jadi pertimbangan

PolMark Indonesia: Millennials dan Gen Z Lebih Condong ke Gus IpulIDN Times/Sukma Shakti

Eko juga menuturkan tidak hanya isu prioritas yang menjadi utama. Pemilih juga melihat pribadi individu paslon secara detail. Menurutnya taat beragama menduduki angka 91,9 persen prioritas yang dipilih di Jatim. "Kemudian ada beragama Islam sebanyak 88,8 persen, berpengalaman dalam pemerintahan sebesar 86,1 persen. Berpenampilan menarik dan karismatik 84,3 persen, kalau putra daerah 75,2 persen," jelasnya.

7. Secara karakter Gus Ipul-Puti masih unggul

PolMark Indonesia: Millennials dan Gen Z Lebih Condong ke Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Eko menambahkan, karakter dua kandidat ini pun memiliki perbedaan. Seperti halnya memiliki komitmen kuat memberantas korupsi Gus Ipul-Puti 40,5 persen. Khofifah-Emil 22,9 persen. Mewakili masyarakat yang beragam majemuk Gus Ipul-Puti 44,9 persen, Khofifah-Emil 24,5 persen. "Karena Gus Ipul Puti ini mewaliki Islam Nahdiyin dan Nasionalis yang kental. Sementara Khofifah Emil belum representatif ke sana," pungkas Eko.

Baca juga: Kampanye di Pasar, Gus Ipul Suapi Pedagang

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya