Comscore Tracker

Resmi Ditetapkan sebagai Gubernur, Khofifah Siap Tampung Aspirasi Gus Ipul

Dia juga sempat berpantun untuk Gus Ipul

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Hotel Wyndham, Selasa (24/7). Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menyatakan secara resmi bahwa pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 5 tahun ke depan sesuai berita acara nomor 139/BA.PK.01/35/Prov/VII/2018. "Memperoleh suara 10.465.284 atau 53,55% dari jumlah suara sah," ujar Eko.

Dengan penetapan ini, nantinya dalam waktu 3 hari pengusulan pengesahan jadi kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Nantinya, proses tersebut melalui DPRD Jatim terlebih dahulu. "Dengan ini kewajiban KPU Jatim selesai. Dilanjutkan oleh Kemendagri," tambah Eko.

1. Khofifah siap tampung aspirasi Gus Ipul-Puti

Resmi Ditetapkan sebagai Gubernur, Khofifah Siap Tampung Aspirasi Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Meski tidak dihadiri oleh pasangan calon nomor urut dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno, Khofifah mengaku mengingat semua dari paslon ini. Dia mengingat kalau Puti berkali-kali pentingnya budaya politik. Integrasi bangsa bisa dibangun dari kebhinekaan. Menurutnya, dua sumber mata air di Jatim dari nasionalis santri dan nasionalis abangan.

"Mengingat juga statemen Gus Ipul di debat ketiga dan pilkada damai di halaman kantor KPU Jatim. Beliau menyampaikan jika nanti Mbak Khofifah dan Mas Emil yang menang, aspirasi kami diakomodir. Kami sebetulnya telah menyiapkan tim navigasi program. Sudah berjalan 14 hari, sekarang penajaman, penguatan dan pengayaan dari program dan RPJMD yang sudah berjalan," paparnya.

2. Mendapat pesan khusus dari Jokowi

Resmi Ditetapkan sebagai Gubernur, Khofifah Siap Tampung Aspirasi Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Dalam sambutan kemenenangannya, Khofifah juga membeberkan kalau pada saat quick count memberikan indikasi dari hasil semua lembaga. Dia mendapat telepon dari Jokowi yang menyampaikan selamat. Dia mengaku diingatkan Presiden kalau Jatim lokomotif ekonomi nasional.

"Maka pesan tolong dirawat suksesnya Pakde Karwo. Eksport non migas tertinggi adalah Jatim. Izinkan kami mengajak semua elemen strategis di Jatim, seluruh pelaku usaha, generasi muda dan elemen masyarakat," kata Khofifah.

3. Khofifah persembahkan pantun untuk Gus Ipul Puti dan relawan

Resmi Ditetapkan sebagai Gubernur, Khofifah Siap Tampung Aspirasi Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Di akhir sambutannya, Khofifah mengajak untuk bersama-sama bahwa nomor satu dan dua sudah selesai pada malam hari ini. Dia pun memberikan dua pantun khusus untuk Gus Ipul-Puti dan para relawan.

"Pantun pertama; Duren-duren, roti-roti. Biyen-biyen, saiki yo saiki. Pantun kedua; Beli sepatu di kaki lima, enak dipakai dan harganya murah, tak ada nomor satu dan dua, mari wujudkan Jatim sejahtera"

Line IDN Times

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You