Sudah Ada Satu Nama, Cawapres Jokowi Akan Diumumkan di Detik Akhir

Kira-kira dari parpol atau non parpol ya?

Surabaya, IDN Times - Wakil Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ahmad basarah mengetakan bahwa Joko "Jokowi" Widodo akan mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di detik-detik akhir. Pasalnya, keputusan cawapres sekarang ini sudah sepenuhnya ditangan Jokowi. "Bola sekarang di tangan Jokowi," ujarnya saat ditemui di UNTAG Surabaya, Rabu (1/8).

1. Satu nama sudah disepakati di pertemuan Ketum partai pengusung

Sudah Ada Satu Nama, Cawapres Jokowi Akan Diumumkan di Detik AkhirInstagram/@jokowi

Basarah menerangkan berdasarkan hasil pertemuan enam ketua umum partai politik pengusung dan Jokowi, telah disepakati satu nama. Forum itu juga menyepakati mengenai nama tersebut. "Kriterianya kapan akan diumumkan di mana akan diumumkan diserahkan sepenuhnya kepada Pak Jokowi, kalau saya boleh menduga akan diumumkan jelang pendaftaran," kata Basarah.

Baca Juga: Gerindra dan Partai Koalisi Akan Pertimbangkan Cawapres Usulan Ulama

2. Ada 6 nama dari non partai yang sempat mencuat

Sudah Ada Satu Nama, Cawapres Jokowi Akan Diumumkan di Detik AkhirANTARA FOTO/Biropers-Rusman Jhoni

Basarah menyebut untuk sekarang ini memang ada dari non partai. Dia membeberkan nama-nama tersebut ada 6 orang. "Ada Prof Machfud, Tuan Guru Bajang, KH Ma'ruf Amin, KH Saiid Aqil Siraj, Pak Din Syamsudin dan Moeldoko adalah nama cawapres Pak Jokowi dari klaster di luar parpol," katanya.

3. Sebanyak 5 nama lain dari partai pengusung

Sudah Ada Satu Nama, Cawapres Jokowi Akan Diumumkan di Detik AkhirANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Tak hanya non partai, Jokowi juga mempunyai opsi dari orang partai. Basarah pun menyebut ada 5 nama, orang dari partai. "Puan Maharani dari PDIP, Airlangga Hartarto Golkar, Muhaimin Iskandar PKB, Romahurmuzy PPP dan Hary Tanoesidbyo Perindo. Mana yang akan dipilih Pak Jokowi bisa dari klaster parpol atau non parpol. Kalau yang paling mendekati yang dekat dengan Pak Jokowi" pungkasnya.

Baca Juga: Nama Cawapres Jokowi akan Diumumkan 8-10 Agustus

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya