Comscore Tracker

Diplot Jokowi Jadi Menteri Pariwisata, Ini 4 Fakta Menarik Wishnutama

Wishnutama menyatakan bersedia jadi menteri Jokowi

Jakarta, IDN Times - Wishnutama Kusubandio merupakan sosok yang aktif berkarier di dunia pertelevisian. Jabatan terakhir pria kelahiran Jayapura ini adalah Komisaris Utama di NET TV, sebelumnya ia merupakan CEO NET TV yang saat ini dilanjutkan oleh Deddy Sudarijanto, sebagaimana ia menuliskan hal ini dalam postingan Instagramnya pada 20 Mei lalu.

Suami dari aktris Gista Putri ini pada Senin (21/10) pagi terlihat mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan. Dia tak menampik, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menawarinya jabatan menteri di Kabinet Kerja Jilid II. Dan Rabu (23/10) pagi ini, Wishnutama resmi dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

IDN Times merangkum sejumlah fakta tentang sosok yang berpengaruh pada keberhasilan perhelatan Asian Games 2018, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Digadang-gadang menjadi calon menteri muda

Diplot Jokowi Jadi Menteri Pariwisata, Ini 4 Fakta Menarik WishnutamaBCA Young Community

Nama Wishnutama sudah berulang kali disebut dan digadang oleh sejumlah pihak bakal dipilih menjadi salah satu menteri Jokowi. Terlebih ketika Jokowi mengatakan akan memilih menteri dari kalangan millennial pada masa kepimpinannya di periode kedua ini.

Menurut pengamat politik Silvanus Alvin, keberadaan dua tokoh muda profesional di lingkungan dekat Presiden Jokowi harusnya sudah menjadi petunjuk penting.

Dikutip dari Antara, Alvin mencontohkan bagaimana Wishnutama, CEO Net Mediatama Televisi, serta Erick Thohir, pendiri Mahaka Grup dan Ketua Tim Pemenangan Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pemilu 2019, setia mendampingi presiden dalam beberapa kesempatan penting.

2. Pernah berkarier di beberapa televisi swasta sebelum NET

Diplot Jokowi Jadi Menteri Pariwisata, Ini 4 Fakta Menarik Wishnutama(CEO NET TV Whisnutama dan Presiden Joko Widodo) Instagram/@wishnutama

Sebelum menjadi Komisaris Utama NET TV, Wishnutama pernah berkarier di beberapa televisi swasta. Pada 1995-2001 ia mengawali karier di Indosiar. Whisnu juga pernah berkarier cukup lama di Trans TV sejak 2001 hingga 2012.

Pasca-akuisi TV 7 oleh Trans Corp pada 2006 lalu, Wishnutama dipercaya oleh Chairul Tanjung dan jajarannya untuk menjadi bagian dari Trans 7.

Baca Juga: Diminta Jadi Menteri, Wishnutama Akan Mundur dari NET dan Kumparan

3. Ambil bagian dalam Asian Games 2018

Diplot Jokowi Jadi Menteri Pariwisata, Ini 4 Fakta Menarik Wishnutamaindiatimes.com

Tidak hanya aktif berkarier di dunia pertelevisian saja, saat Asian Games tahun lalu, Wishnutama menjadi Creative Director of Ceremonies Departement dalam Asian Games 2018.

Tugas yang ia lakukan adalah membuat konsep acara yang akan ditampilkan di panggung pembukaan serta penutupan.

Whisnutama menuai banyak pujian atas kinerjanya. Mata dunia pun tertuju kepadanya karena sukses membuat upacara pembukaan Asian Games 2018 yang memorable

4. Prestasi Wishnutama

Diplot Jokowi Jadi Menteri Pariwisata, Ini 4 Fakta Menarik Wishnutamainstagram/ @wishnutama

Selama berkarier, terdapat beberapa prestasi yang ditorehkan olehnya, seperti Best CEO oleh majalah SWA, ia dinobatkan sebagai salah satu CEO terbaik, berdasarkan kemampuan yang ia miliki sehingga berhasil membawa perusahaan mengalami perkembangan yang stabil dan mencapai target pasar yang memuaskan.

Ia juga memperoleh trofi Marketer of The Year 2015 oleh Indonesia Marketing Champion, prestasi selanjutnya adalah ia masuk dalam daftar The 500 Most Influential CEOs in the World, dan dalam IdeaFest 2017 lalu, ia berhasil memperoleh Indonesia's Influential Person in Creative Industry Awards.

Baca Juga: Dari Bos Televisi Menuju Kursi Menteri, Ini 5 Potret Wishnutama

Topic:

  • Aulia Fitria
  • Dwifantya Aquina
  • Dwi Agustiar

Just For You