Deretan Bantuan Kemanusiaan Ini Berhasil Dikirim Pesawat Hercules TNI

Salah satunya adalah mengirim 1,6 ton rendang 

Jakarta, IDN Times – Kerusuhan yang terjadi Wamena membuat warga, khususnya perantau yang tinggal di sana, memilih untuk mengungsi. Sebanyak 300 pengungsi pada Jumat lalu (27/9) diterbangkan ke Base Ops Lanud Silas Parepare, Sentani, Kabupaten Jayapura dari Bandara Udara Wamena.

“Total dua kali penerbangan itu 300 penumpang, yang tadi baru turun sebanyak 150 orang dan untuk bantuan sosial itu tadi 12 ton per pesawat yang diangkut ke Wamena, dan sekarang juga akan segera dinaikkan bantuan sosial yang kedua,” ujar Letkol PNB Surya Anggoro, Jumat (27/9), seperti dikutip dari Antara.

Selain untuk membantu masyarakat menerbangkan pengungsi, pesawat Hercules juga kerap digunakan untuk mengirimkan bantuan sosial ke wilayah terdampak bencana. Berikut rangkuman IDN Times tentang aksi-aksi kemanusiaan dengan menggunakan Pesawat Hercules.

1. Jokowi kirim 2.000 paket bantuan ke lokasi gempa Ambon

Deretan Bantuan Kemanusiaan Ini Berhasil Dikirim Pesawat Hercules TNIIDN Times/Rahmat Arief

Gempa berkekuatan 6,8 SR yang dimutakhirkan menjadi 6,5 SR sempat mengguncang Ambon pada Kamis lalu (26/9). Gempa yang tidak berpotensi tsunami tersebut disebabkan oleh aktivitas sesar lokal. Hal ini dikatakan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat triyono dalam keterangan tertulis.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," ujar Rahmat.

Dilansir dari Antara, akibat gempa pada Kamis lalu, Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengirim bantuan melalui pesawat Hercules A-1320 TNI-AU yang berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Bantuan yang diberikan oleh Jokowi merupakan 2.000 paket yang nantinya, akan disalurkan di beberapa wilayah terdampak, seperti Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Paket bantuan tersebut akan kembali dikirimkan pada Kamis (3/10) dan Jumat (4/10) mendatang.

2. Pengiriman bantuan untuk korban banjir Sentani

Deretan Bantuan Kemanusiaan Ini Berhasil Dikirim Pesawat Hercules TNIIDN Times/Yuda Almerio

Bantuan yang berasal dari masyarakat, keluarga TNI, dan pemerintah disalurkan untuk warga Sentani yang terdampak bencana banjir bandang dan longsor. Bantuan dengan berat delapan ton tersebut, dikirimkan melalui pesawat Hercules A-1320 Skuardon udara 31 Halim Perdana Kusuma.

Bantuan tersebut juga diharapkan dapat mengurangi beban korban banjir di Sentani. Hal ini dikatakan oleh Pangkoopsau Marsama TNI Andyawan Martono.

Baca Juga: TNI Siapkan Hercules Angkut Mahasiswa Papua Kembali ke Tempat Belajar

3. Mengirim 1,6 ton rendang untuk warga terdampak bencana

Deretan Bantuan Kemanusiaan Ini Berhasil Dikirim Pesawat Hercules TNIANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bantuan yang digalang untuk masyarakat terdampak bencana, kali ini datang dari warga Sumatera Barat. Mereka berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban yang dimiliki oleh korban terdampak.

Sebanyak 1,6 ton rendang didistribusikan untuk warga terdampak bencana di Palu, Donggala, dan Sigi. Rendang tersebut berhasil dikumpulkan oleh warga dalam waktu empat hari.

Setelah berhasil terkumpul, rendang tersebut kemudian dikirim dengan menggunakan pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma.

4. Menyemai garam untuk hujan buatan

Deretan Bantuan Kemanusiaan Ini Berhasil Dikirim Pesawat Hercules TNIANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Pesawat C-130 melakukan penyemaian 3,4 ton garam NaCl dalam rangka modifikasi cuaca untuk menurunkan hujan buatan di berbagai kota diantaranya adalah, Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kota Padang Sidempuan, pada Rabu (18/9).

Operasi ini berhasil menurunkan hujan dengan intensitas sedang di Kota Dumai selama 30 menit. Selain itu di lokasi berbeda, juga dilakukan operasi yang sama. Pesawat CN295 melakukan penyemaian 1.500 kilogram garam di Kabupaten Katingan, Utara Kota Palangkaraya, dan Kabupaten Kapuas, pada Rabu (18/9) siang hingga sore hari.

Baca Juga: 1,6 Ton Rendang Diangkut ke Sulteng Pakai Hercules

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya