TNI Siapkan Hercules Angkut Mahasiswa Papua Kembali ke Tempat Belajar

Wiranto jamin mereka aman menempuh pendidikan di luar Papua

Jakarta, IDN Times - TNI menyiapkan pesawat Hercules untuk mengangkut pelajar dan mahasiswa Papua yang pulang kampung, menuju daerah tempat mereka belajar, pasca-kerusuhan di Bumi Cendrawasih beberapa pekan lalu. 

"Atas prakarsa Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, akan disiapkan pesawat Hercules untuk mengangkut mereka ke tempat belajar sebelumnya, dengan jaminan tidak ada tekanan apa pun," kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto dilansir Antara, Senin (9/9).

Baca Juga: Kondisi Papua Terkini, Wiranto: Masih Ada Ancaman dan Hasutan

1. Menko Polhukam jamin pelajar dan mahasiswa aman di tempat mereka belajar

TNI Siapkan Hercules Angkut Mahasiswa Papua Kembali ke Tempat BelajarIDN Times/Lia Hutasoit

Wiranto menjamin para pelajar dan mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar Papua, akan diperlakukan seperti keluarga. Pelajar dan mahasiswa Papua serta Papua Barat tersebut, terpaksa pulang kampung karena orangtua khawatir mendengar isu adanya tekanan kepada anak-anak mereka di tanah rantau.

"Para pelajar, mahasiswa yang eksodus dari daerah kembali ke Papua, telah dilakukan komunikasi dengan para orangtua. Intinya, mereka kembali ke Papua dan Papua Barat dengan biaya yang diberi dari orangtua mereka," kata dia.

2. Para pelajar dan mahasiswa menyesal pulang kampung

TNI Siapkan Hercules Angkut Mahasiswa Papua Kembali ke Tempat BelajarIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Wiranto memastikan isu adanya tekanan kepada pelajar dan mahasiswa Papua di tempat mereka belajar tidak benar, dan mereka berencana kembali ke tempat mereka menuntut ilmu.

"Tapi setelah disampaikan fakta-faktanya mereka menyesal kembali ke Papua, Papua Barat, isu itu tidak benar. Namanya isu, mengelabui jalan pikiran mereka, mereka ingin kembali sekarang ke sekolah, asrama tempat mereka belajar sebelum ditarik," ujar dia.

3. Meski situasi kondusif, masih ada provokasi untuk melakukan unjuk rasa susulan

TNI Siapkan Hercules Angkut Mahasiswa Papua Kembali ke Tempat BelajarIDN Times/Muhammad Khadafi

Wiranto mengungkapkan saat ini situasi di Papua dan Papua Barat berangsur kondusif.

"Per 9 September ini, laporan yang saya terima seluruh kondisi Papua dan Papua Barat aman dan kondusif, aktivis kemasyarakatan pun berjalan normal," kata dia.

Kendati, kata Wiranto, masih ada provokasi, selebaran-selebaran gelap untuk mendorong dan menghasut masyarakat untuk melakukan unjuk rasa susulan.

"Ini kita sudah monitor dan kita sudah tahu betul siapa-siapa pelakunya itu," kata dia.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Satu Tersangka Aktor Intelektual Kerusuhan di Papua

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya