Jadi Menkominfo, Johnny G Plate Prioritaskan Cyber Security

Ada kebijakan yang menjadi tekanan bagi Johnny, apa itu?

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate mengungkapkan gambaran kegiatan Kementerian Komunikasi dan Informasi kedepannya, program tersebut terbagi menjadi dua. Pertama informasi dan komunikasi publik, kedua hal-hal terkait teknis infrastruktur digital dan ekonomi.

"Hari ini rapat sebetulnya adalah disamping perkenalan dengan eselon satu dan dua, overview kegiatan-kegiatan kominfo, pada prinsipnya kegiatan ini dibagi dalam dua bagian, pertama terkait government public relation atau informasi dan komunikasi publik (IKP), kedua terkait hal-hal teknis digital khusus infrastruktur digital dan digital ekonomi," ujar Johnny, di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jakarta Pusat, Senin (28/10).

1. Tujuan kegiatan informasi dan komunikasi publik (IKP)

Jadi Menkominfo, Johnny G Plate Prioritaskan Cyber SecurityIDN Times/Aulia Fitria

Setelah sebelumnya disebutkan dua kegiatan Kemkominfo di atas, ada pun tujuan dari salah satu kegiatan tersebut yaitu IKP adalah untuk mengkomunikasikan rencana-rencana kebijakan negara, menginformasikan capaian-capaian kebijakan negara agar diketahui secara pasti oleh rakyat, dan bisa mengambil bagian gerakan secara langsung langkah pembangunan negara.

2. Cyber security dan cyber crime menjadi perhatian

Jadi Menkominfo, Johnny G Plate Prioritaskan Cyber SecurityIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Johnny mengungkapkan bahwa cyber security dan cyber crime menjadi perhatian Kemkominfo.

"Ada beberapa yang menjadi perhatian, pertama kami dari kementerian ini akan mengambil bagian dan bersama-sama lembaga negara lainnya, memastikan cyber security dan cyber crime itu bisa diatasi," katanya.

Johnny juga menambahkan bahwa, agar platform digital yang ada, digunakan secara bijak, cerdas, dan bermanfaat.

Baca Juga: Johnny G Plate Diskusi soal Data dengan Jokowi, Calon Menkominfo? 

3. Perlindungan data pribadi

Jadi Menkominfo, Johnny G Plate Prioritaskan Cyber SecurityANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Johnny mengatakan, terkait dengan perlindungan data pribadi, legislasi primer masih terus dibahas.

"Kami akan meneruskan proses pembahasan legislasi primer terkait perlindungan data pribadi yang juga bermaksud untuk perlindungan hak-hak dan kewajiban warga negara,"

Hal tersebut dilakukan, bukan dengan maksud membatasi kebebasan masyarakat dalam berbicara dan berpendapat, namun untuk perlindungan hak-hak dan manfaat bagi warga negara.

4. Kebijakan yang menjadi tekanan

Jadi Menkominfo, Johnny G Plate Prioritaskan Cyber SecurityIDN Times/Hana Adi Perdana

Johnny mengungkapkan ada kebijakan yang menjadi tekanan. Kebijakan tersebut yang dimaksud adalah meneruskan pembangunan Base Transceiver Station (BTS).

"Infrastruktur akan kita teruskan untuk membangun 4.000 bts throughout the country, di seluruh Indonesia yang masih blankspot," ujar Johnny.

Hal ini bertujuan untuk menjangkau teknologi informasi, khususnya pada wilayah 3T.

Baca Juga: Jadi Menkominfo, Ini Rekam Jejak Johnny G Plate

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya