Pembagian Kursi Menteri, PDIP & Golkar Dapat Jatah Terbanyak!

Golkar dan PDIP sama-sama dapat empat kursi menteri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengumumkan susunan menteri kabinet jilid II di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10). Dari nama-nama tersebut terdapat sejumlah menteri yang dicomot dari partai politik pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Selain itu juga terdapat menteri yang diambil dari Partai Gerindra, partai yang justru menjadi pesaing berat Koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres. Sebab Gerindra, bersama PKS dan PAN mengusung Prabowo-Sandiaga. 

Sehingga total ada enam partai politik yang kadenya masuk dalam kabinet Jokowi 2019-2024. Partai-partai tersebut yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gerindra, Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasional Demokrat (NasDem), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dari keenam partai tersebut, jumlah kader terbanyak yang menduduki posisi dalam kabinet periode ini berasal dari PDIP dengan empat kader. Empat Menteri dari PDIP yaitu Tjahjo Kumolo Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi,  Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kesejahteraan Sosial Juliari Batubara, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sementara tiga menteri dari Golkar yaitu Airlangga Hartanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian, dan Zainuddin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

Sementara PKB dan NasDem mendapatkan jatah tiga menteri. Mereka yang duduk di kursi menteri dari PKB yaitu Ida Fauziah sebagai Menteri Ketenagakerjaan, Abdul Halim Iskandar sebagai Menteri Desa dan PDT, dan Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan.

Sementara tiga menteri dari NasDem adalah Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian, Siti Nurbaya sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Johnny G. Plate enteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Sedangkan partai Gerindra hanya mendapatkan dua kursi menteri, yakni Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Satu menteri lainnya datang dari PPP, yakni Suharso Monoarfa.

https://www.youtube.com/embed/gu67B1qOlZU

Baca Juga: Ini Wajah-wajah Lama di Kabinet Baru Jokowi-Ma'ruf Amiin 

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya