Satu-Satunya Wamen Perempuan, Ini Rekam Jejak Angela Tanoesoedibjo

Di usia 32 tahun, Angela sudah terpilih jadi wakil menteri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya menambah lagi pejabat di kabinet dari kalangan millenial. Usai melantik eks CEO GoJek, Nadiem Makarim, Jokowi juga menunjuk Angela Herliani Tanoesoedibjo. 

Yap, dia merupakan putri sulung Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo. Kepastian Angela dipilih menjadi wakil menteri diperoleh ketika ia melangkahkan kaki ke Istana Negara pada Jumat pagi (25/10). 

"Hari ini Bapak Jokowi memberi saya kepercayaan untuk bisa bantu pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Angela kepada media kemarin di hadapan media. 

Posisi yang diberikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu akhirnya terungkap. Angela duduk sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan membantu Whisnutama yang sudah dilantik sebagai atasannya. 

Nama Angela sesungguhnya sudah masuk dalam bursa menteri dari kalangan millenial. Sehingga, publik tak terlalu terkejut. 

Kehadiran Angela di Istana benar-benar membawa warna baru. Sebab, ia tergolong muda untuk posisi yang diembannya. Usianya baru 32 tahun dan sebelumnya tak pernah berada di dalam struktur pemerintahan mana pun. Kalian penasaran dengan sosok Angela, berikut profil singkatnya yang dihimpun oleh IDN Times

1. Angela memulai karier profesional di industri media yang dimiliki oleh sang ayah

Satu-Satunya Wamen Perempuan, Ini Rekam Jejak Angela Tanoesoedibjo(Angela Tanoesoedibjo berfoto dengan Presiden Jokowi & Wapres Ma'ruf Amin usai dilantik) www.instagram.com/@angelatanoesoedibjo

Angela dibesarkan di keluarga sosialita. Ia lahir di Ottawa, Kanada pada 23 April 1987. Sebagai putri sulung dari pengusaha grup media ternama di Indonesia, tak mengherankan apabila ia merintis karier di industri itu dari perusahaan milik ayahnya. 

Namun, pekerjaan di dunia media dan industri kreatif sesuai dengan latar belakang pendidikannya di Australia. Pada tahun 2008 lalu, ia berhasil meraih gelar sarjana dari Universitas Teknologi Sydney di bidang Arts in Communications. Kemudian, di tahun 2010, ia berhasil meraih gelar Master of Commerce di bidang keuangan dari University New South Wales. 

Kendati bekerja di perusahaan milik ayahnya, namun Angela memulai dari posisi bawah yakni sebagai staf keuangan. Pelan-pelan kariernya merangkak naik. 

Angela pernah ditunjuk sebagai editor in chief dari HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine pada 2008 lalu. Lalu, ia menduduki posisi sebagai Corporate Finance & Business Development Assosiciate, PT Media Nusantara Citra Tbk pada tahun 2010-2013.

Ia juga menjabat sebagai Managing Director PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), Komisaris MNC Pictures, Direktur PT Media Nusantara Citra Tbk, Direktur Pelaksana PT Global Informasi Bermutu (GTV), dan Direktur PT Megah Group

Puncak kariernya terjadi pada 2016 lalu, ketika ia diangkat sebagai komisaris MNC Group. Dikutip dari situs resmi MNC Group, penunjukkan itu juga berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa Perseroan dan telah tertuang dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Perseroan No.78. 

Usai terpilih menjadi wakil menteri, Angela berjanji akan mundur dari segala bisnis di MNC. 

"Tentunya dengan aturan yang berlaku, saya harus mundur dari segala bisnis MNC," ujar Angela pada Jumat kemarin. 

Baca Juga: Ini Alasan Presiden Jokowi Pilih Angela Sebagai Wamen Menpar

2. Nama Angela diajukan oleh Perindo ke Jokowi

Satu-Satunya Wamen Perempuan, Ini Rekam Jejak Angela TanoesoedibjoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq sudah pernah menyebut akan mengajukan nama putri Ketua Umum Perindo Harry Tanoesodibjo, Angela Herliani Tanoesoedibjo, untuk mengisi kursi kabinet di periode pemerintahan kedua Presiden Joko "Jokowi" Widodo, apabila diminta. Apabila itu terjadi, maka ia akan menjadi pejabat tinggi di Kabinet Indonesia Maju yang termuda. 

"Perindo prinsipnya tidak memberikan nama-nama, tapi kalau diminta akan diberi. Angela termasuk salah satu yang akan menjadi yang diajukan kalau dibutuhkan," ujar Rofiq di SICC, Bogor, Minggu (14/7) lalu. 

Sebelumnya, dalam pemilihan umum legislatif 2019, Angela maju sebagai caleg Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo, namun ia gagal. 

3. Usai dilantik jadi Wakil Menteri Pariwisata, Angela mengaku siap bekerja dengan Menteri Whisnutama

Satu-Satunya Wamen Perempuan, Ini Rekam Jejak Angela TanoesoedibjoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lalu, usai dilantik jadi wakil menteri, apa program yang akan dibawa oleh Angela? Menurut perempuan yang berusia 32 tahun itu, ia sudah menyiapkan berbagai acara dan promosi kereatif untuk memajukan pariwisata Indonesia. 

Ia mengaku optimistis pariwisata Indonesia bisa lebih maju apabila berkaca dari kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu. Di dalam agendanya sudah ada dua program besar yang bisa dibidik yakni penyelenggaraan balapan mobil Formula E di Jakarta pada tahun 2020 dan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. 

"Tentunya event-event besar yang bisa mengundang wisatawan negara lain untuk datang ke Indonesia (bisa dibuat). Contohnya seperti acara Asian Games beberapa waktu lalu," kata Angela pada Jumat kemarin di hadapan media. 

Ia juga sudah menyiapkan acara kecil yang bisa dikembangkan secara berkala dengan menampilkan pesona budaya lokal. Sedangkan, untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, ia mengaku bisa melakukan dengan cara yang lebih kreatif. Salah satunya dengan membuat film tentang Indonesia yang kemudian dipasarkan di luar negeri. 

Tapi, yang jadi pertanyaan bisa kah Angela bekerja dengan harmonis dengan atasannya, Whisnutama dan betah dengan sistem birokrasi? Kita tunggu gebrakan Angela bagi dunia pariwisata Indonesia. 

Baca Juga: 12 Potret Angela & Buah Hati, Wakil Menteri yang Keibuan Banget

Topik:

Berita Terkini Lainnya