Sistem Ganjil Genap Efektif Kurangi Kemacetan? Ini Kata Pengguna Jalan

Mereka mengatakan jalur gage lebih lancar

Jakarta, IDN Times - Perluasan ganjil genap resmi diberlakukan di beberapa wilayah Jakarta sejak Senin (9/9). Perluasan ganjil genap ini antara lain diberlakukan untuk mengurai kemacetan sekaligus menekan polusi udara Jakarta.

"Tujuan utamanya adalah lingkungan yang sehat, udara yang bersih, dan lalu lintas yang lancar, itu satu paket. Anda mandi untuk segar atau bersih? Ya habis mandi merasakan segar dan bersih," ujar Anies di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Senin (12/8).

1. Jalur ganjil genap terpantau lancar

Sistem Ganjil Genap Efektif Kurangi Kemacetan? Ini Kata Pengguna JalanANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Penerapan ganjil-genap rupanya cukup efektif mengurangi kemacetan, terutama di jalur-jalur yang diberlakukan ganjil genap. Hal ini setidaknya dirasakan oleh seorang pengguna transportasi umum jalur Pulo Gadung-Harmoni bernama Felix. 

Namun, menurut Felix, jalur-jalur yang tidak terkena aturan ganjil-genap justru bertambah macet. Aturan ganjil-genap, menurutnya, bukan mengatasi kemacetan karena siftanya hanya memindahkan kemacetan ke jalur lain.

Sementara seorang pengendara motor bernama Ayrel yang biasa melintas di Jalan Gajah Mada dari arah Jalan Medan Merdeka Utara mengatakan penerapan gajil genap cukup efektif mengurangi kemacetan di daerah tersebut.

"Biasanya pas mau lampu merah yang mau ke Gajah Mada tuh padat, tapi tadi kayak longgar aja gitu," ujar Ayrel kepada IDN Times (9/9).

Baca Juga: Hari Pertama Perluasan Ganjil Genap, Sebanyak 1904 Pengendara Ditilang

2. Harapan pengendara dan pengguna kendaraan umum pada sistem ganjil genap

Sistem Ganjil Genap Efektif Kurangi Kemacetan? Ini Kata Pengguna JalanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebagai pengguna transportasi umum, Felix berharap penerapan ganjil genap bisa membuat masyarakat beralih ke transportasi umum.

"Kalau dari saya ya, supaya orang-orang itu pakai transportasi umum lebih sering lagi, karena yang pakai kendaraan pribadi di mobil kan cuma satu atau dua orang," ujar Felix.

Sementara Ayrel sebagai pengendara sepeda motor berharap agar dengan adanya perluasan sistem ganjil genap ini bisa membawa masyarakat menjadi lebih tertib.

"Harapannya sih lebih ke masyarakatnya yang bisa lebih patuh sama aturan yang di berlakukan, katanya pengin gak macet," ujar Ayrel.

3. Penerapan jalur baru ganjil genap dimulai hari Senin 9 September 2019

Sistem Ganjil Genap Efektif Kurangi Kemacetan? Ini Kata Pengguna JalanIDN Times/Arief Rahmat

Mulai Senin ini (9/9) perluasan jalur ganjil genap sudah mulai diterapkan. Sebelumnya, telah dilakukan sosialisasi atas sistem ini, sejak 7 Agustus hingga 8 September.

Sistem ini akan diterapkan pada Senin sampai Jumat, kecuali hari libur nasional dan akan terbagi dalam dua waktu yang berbeda, yakin pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB.

Baca Juga: Polda Metro Klaim Perluasan Ganjil Genap Efektif Kurangi Kemacetan

Topik:

  • Sunariyah
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya