Comscore Tracker

IMS 2020: Demi Mobil Listrik, Divestasi Saham Vale Segera Dirampungkan

Inalum ambil alih 20 persen saham divestasi Vale #IMS2020

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap proses pengambilalihan saham divestasi Vale Indonesia Tbk akan selesai pada pertengahan tahun ini. Hal ini dilakukan dalam dalam rangka mendukung rencana strategis pemerintah dalam mengembangkan mobil listrik di Indonesia.

"Prosesnya masih berjalan ya, kita tunggu aja mungkin maksimal di pertengahan tahun ini sudah ada info yang terbaik," katanya saat ditemui usai menjadi pembicara di Indonesia Millenial Summit di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (17/1).

Pemerintah menunjuk MIND ID yang dulu bernama Inalum, untuk mengambil saham divestasi. MIND ID dan dua pemegang saham Vale Indonesia, Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining, telah mendatangani perjanjian pendahuluan pengambilalihan 20 persen saham divestasi Vale.

Dengan mengambil-alih saham divestasi Vale Indonesia, Inalum memiliki akses terhadap sumber daya nikel terbesar dunia yang penting sebagai baterai kendaraan listrik.  

"Ke depan mobil listrik akan menjadi sangat penting. Komponen baterai sebagai bahan baku utama mobil listrik menjadi sesuatu yang sangat penting," ujarnya.

"Negara kita merupakan salah satu produsen nikel terbesar di dunia. Dengan demikian, akuisisi (saham divestasi) Vale ini menjadi bagian penting dari rencana strategis ke depan," lanjutnya.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/a5PUopi6Jm0

Baca Juga: IMS 2020: Menteri BUMN Erick Thohir Sebut Jadi Pengusaha Lebih Bebas 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya