Comscore Tracker

Kisah IDN Times Community Writer, Bangun Pede hingga Bisa Biayai Hidup

Menulis bukan cuma sekadar hobi

Tangerang, IDN Times - IDN Media berkomitmen untuk mendukung generasi millenial berkarya melalui tulisan. Melalui IDN Times Community, siapa saja bisa bergabung menjadi writer untuk menorehkan karya tulisnya. Founder & CEO IDN Media Winston Utomo berbagi kisah tentang perjalanan para community writer ini.

Salah satunya, community writer bernama Risna. Perempuan millennial penyandang disabilitas ini awalnya merupakan sosok yang tidak percaya diri. Namun, lewat IDN Times Community, Risna mampu mengalahkan rasa mindernya karena ia dapat berkarya melalui platform tersebut. Bahkan, sering kali tulisan Risna menjadi trending topic.

"Dia gak cuma bisa belajar, tapi bisa lebih percaya diri. Tiap bulan 90 artikel dan sering trending. Itu dampak yang kita berikan ke penulis kita," tutur Winston dalam Indonesia Writers Festival, di kampus Universitas Multimedia Nusantara, Jumat (6/5).

Winston pun kemudian menceritakan seorang millennial bernama Fitriani. Perempuan asal Garut ini memang hobi menulis . Ia pun memulai bisnis dari uang yang ia kumpulkan lewat IDN Times Community.

"Dia nulis 80-90 artikel tiap bulan. Karena uang yang dia hasilkan bisa mencukupi kehidupannya. Waktu kita tanya dia bisa nabung dan bisa mulai usaha cetak foto karena gak banyak di kampungnya. Ini impact nyata yang bisa kita berikan," tuturnya.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IWF 2019: Menkominfo Mengaku Respect Terhadap Penulis, Mengapa?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya