Cari Bukti Pelanggaran, Polisi Periksa CCTV di Acara Akad Putri Rizieq

Kadinkes DKI dan pihak Bandara Soetta hari ini diperiksa

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih mencari bukti lain terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam acara pernikahan putri Rizieq Shihab.

"Anggota masih terus mengumpulkan alat-alat bukti yang lain, termasuk juga di dalamnya adalah mengumpulkan alat bukti digital. Juga ada beberapa CCTV yang dikumpulkan termasuk memeriksa rekaman CCTV sekitar daerah tersebut," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2020).

1. Polisi masih mencari bukti untuk menentukan apakah ada unsur pidana

Cari Bukti Pelanggaran, Polisi Periksa CCTV di Acara Akad Putri RizieqKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Yusri mengatakan, setelah semua alat bukti terkumpul, polisi bakal melakukan gelar perkara. Hingga saat ini, polisi masih meminta klarifikasi dari sejumlah saksi.

"Gelar perkara awal untuk bisa menentukan apakah memang sudah bisa memenuhi untuk bisa naik ke penyidikan," ucapnya.

Baca Juga: FPI: Rizieq Shihab Kelelahan, Rehat Sejenak dari Aktivitas Publik

2. Polda Metro hari ini periksa Kadinkes DKI dan pihak Bandara Soetta

Cari Bukti Pelanggaran, Polisi Periksa CCTV di Acara Akad Putri RizieqKepala dinas kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Polda Metro Jaya hari ini meminta klarifikasi terhadap empat orang. Mereka adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Widyastuti, Senior Manager Aviation Security Bandara Soetta dan Ketua Panitia akad nikah.

Akan tetapi, Ketua Panitia akad nikah berhalangan hadir karena sakit. Sedangkan Wagub Riza Patria, berhalangan hadir karena ada kegiatan di luar Jakarta.

"Yang dua (orang) masih belum bisa hadir, minta dijadwalkan lagi ulang," kata dia.

3. Ini alasan polisi periksa pihak Bandara Soetta

Cari Bukti Pelanggaran, Polisi Periksa CCTV di Acara Akad Putri RizieqANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Yusri menuturkan, sampai saat ini Kadinkes DKI dan Senior Manager Aviation Security Bandara Soetta masih diperiksa. Pihak bandara diperiksa untuk memastikan apakah Rizieq Shihab menjalani protokol kesehatan saat tiba di tahah air pada 10 November 2020 lalu.

"Misalnya apakah sudah ada pengecekan swab test atau rapid test atau memang memiliki surat bahwa memang bebas sudah dilakukan protokol kesehatan," tuturnya.

Sejak Selasa 17 November 2020, polisi meminta klarifikasi sejumlah pihak terkait kerumunan di acara Rizieq Shihab. Mulai dari Gubernur DKI Anies Baswedan, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kepala Biro Hukum DKI Jakarta, Camat Tanah Abang, hingga KUA Tanah Abang.

Baca Juga: Soal Izin Nikahan dan Maulid di Rumah Rizieq, FPI: Ada Kesalahpahaman

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya