Diisukan Jadi Calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit: Itu Hoaks! 

Sigit menilai isu tersebut tidak jelas sumbernya

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo disebut-sebut sebagai calon kuat kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis. Menanggapi kabar tersebut, Sigit menilainya sebagai hoaks.

"Saya tidak tahu kenapa tiba-tiba isu itu muncul dari mana. Karena tidak jelas sumbernya, jadi saya bilang itu hoaks saja," ujar Sigit saat dikonfirmasi awak media, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga: Komisi III: Jokowi Belum Berikan Daftar Nama Calon Kapolri ke DPR

1. Sigit saat ini hanya fokuskan kinerja di Bareskrim Polri

Diisukan Jadi Calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit: Itu Hoaks! Kabareskrim Polri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo saat Konpers Pemusnahan Narkoba Jenis Sabu dan Ganja oleh Mabes Polri

Jenderal bintang tiga itu enggan banyak bicara soal kans menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara. Saat ini, dia hanya fokus memaksimalkan kinerja Bareskrim Polri.

"Yang terpenting saat ini adalah bagaimana Bareskrim bekerja secara profesional, melakukan pembenahan internal agar bisa melakukan penegakan hukum secara tegas, humanis, transparan, bisa memberikan rasa aman dan memberikan kepastian hukum dan rasa keadilan untuk masyarakat dan lebih dipercaya masyarakat," ujar dia.

2. Mahfud MD bocorkan lima nama calon kapolri

Diisukan Jadi Calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit: Itu Hoaks! Menko Polhukam Mahfud MD (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membocorkan nama-nama calon kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis. Mahfud menyebut ada lima nama yang telah diajukan oleh Kompolnas kepada Presiden Jokowi.

“1. Gatot Edy Pramono; 2. Boy Rafly Amar; 3. Listyo Sigit Prabowo; 4. Arief Sulistyanto; 5. Agus Andrianto. Kelima org itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” kata Mahfud lewat akun Twitternya, @mohmahfudmd, Jumat 8 Januari 2021.

Dalam cuitannya Mahfud juga menegaskan, dari hasil kajian Kompolnas, lima nama yang selanjutnya digodok DPR RI tersebut berpangkat jenderal bintang tiga.

“Saya sudah menyerahkan nama-nama calon kapolri untuk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR. Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2,” cuitnya.

3. Uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri rencananya digelar Rabu, 13 Januari

Diisukan Jadi Calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit: Itu Hoaks! IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mengatakan, pihaknya akan melaksanakan rapat internal untuk membahas mekanisme uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri pada 13 Januari 2021

"Masa Sidang III Tahun Sidang 2020—2021 dimulai 12 Januari. Komisi III DPR baru melaksanakan rapat internal pada tanggal 13 Januari untuk membahas mekanisme uji kelayakan dan kepatutan," kata Habiburokhman di Jakarta seperti dikutip dari ANTARA, Kamis 7 Januari 2021.

Baca Juga: Jokowi Diminta Libatkan KPK untuk Menelaah Rekam Jejak 5 Calon Kapolri

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya