Hasil Patroli COVID-19 Polda, di Kemang Masih Banyak Warga Nongkrong

Di Mampang ada arena biliard yang masih ramai pengunjung

Jakarta, IDN Times - Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol. Suyudi Ario Seto beserta jajarannya, melaksanakan patroli di wilayah Jakarta Selatan pada Minggu (22/3) kemarin terkait imbauan untuk social distancing saat wabah virus corona COVID-19. Patroli dilakukan sejak pukul 20.00 WIB guna mencegah penyebaran virus corona.

"Rute patroli PMJ (Polda Metro Jaya), Bulungan, Melawai, Blok M, Kemang, Pejaten, Mampang Prapatan, kembali ke PMJ," kata Suyudi saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (23/3).

Baca Juga: Akhir Endemi Virus Corona di Indonesia Adalah Juni 2020

1. Masih banyak masyarakat yang berkumpul bersama

Hasil Patroli COVID-19 Polda, di Kemang Masih Banyak Warga NongkrongPolda Metro gelar patroli untuk cegah COVID-19 (Dok. Humas Polri)

Saat memaparkan hasil patroli tersebut, Suyudi mengungkapkan, di wilayah Bulungan, masyarakat dipastikan sudah tertib. Pedagang di pinggir jalan tak lagi berjualan, dan hanya ada beberapa orang yang masih nongkrong.

Di Taman Lamandau, masih ada yang nongkrong sambil makan dan bersantai di taman. Mereka, kata Suyudi, dapat dibubarkan dengan tertib.

Di wilayah Kemang, masih banyak masyarakat yang nongkrong di restoran cepat saji KFC. Mereka juga diimbau dan dibubarkan dengan tertib. Begitu juga di wilayah Mampang, masih ada arena biliard yang masih ramai pengunjung. Sedangkan di Pejaten, dipastikan sepi tanpa ada masyarakat yang menongkrong.

"Di wilayah Blok M masih banyak yang nongkrong terutama para Gojek, supir-supir taksi dan pedagang makanan jalanan. Yang nongkrong-nongkrong dapat dibubarkan dengan tertib," jelasnya.

2. Polri juga patroli di Jakarta Pusat dan Barat

Hasil Patroli COVID-19 Polda, di Kemang Masih Banyak Warga NongkrongPolda Metro gelar patroli untuk cegah COVID-19 (Dok. Humas Polri)

Polisi juga melakukan patroli di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Secara keseluruhan, kegiatan yang melibatkan berkumpulnya masyarakat tidak ditemukan di lokasi.

"Hanya di wilayah Gajah Mada yang masih ada masyarakat nongkrong karena banyaknya makanan kaki lima dan pedagang jalanan," jelas Suyudi.

"Namun, secara umum dapat ditertibkan. Situasi berjalan aman lancar dan kondusif," katanya lagi.

3. Kapolri keluarkan maklumat untuk antisipasi penyebaran COVID-19

Hasil Patroli COVID-19 Polda, di Kemang Masih Banyak Warga NongkrongKapolri Idham Azis berkunjung ke Kompolnas (Dok. Humas Polri)

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengeluarkan maklumat tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona.

Berikut isi maklumat Kapolri selengkapnya:

1. Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum ataupun lingkungan sendiri.

a. Pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan lain sebagainya.
b. Kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran, dan resepsionis keluarga.
c. Kegiatan olahraga, kesenian, dan jasa hiburan.
d. Unjuk rasa, pawai, dan karnaval serta kegiatan lain yang menyebabkan berkumpulnya orang banyak.

2. Masyarakat juga diminta tetap tenang dan jangan panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing.

3. Apalagi dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari kegiatan yang melibatkan banyak orang, maka wajib mengikuti prosedur pemerintah.

4. Tidak melakukan pembelian atau menimbun kebutuhan bahan pokok secara berlebihan.

5. Tidak terpengaruh dan menyebarkan berita yang sumbernya tidak jelas dan dapat meresahkan masyarakat.

6. Apalagi ada informasi yang sumbernya tidak jelas dapat menghubungi pihak kepolisian.

7. Apalagi ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Waspada Virus Corona, 575 Anggota DPR Jalani Rapid Test Pekan ini

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya