IPW Sebut Jokowi Sudah Setuju Komjen Ari Dono Jadi Plt Kapolri

Pergantian Kapolri perlu proses yang panjang

Jakarta, IDN Times - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S. Pane mengatakan, Mabes Polri sudah memproses Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri untuk menggantikan posisi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. 

IPW juga memperkirakan posisi Kapolri akan digantikan sementara oleh Wakapolri, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto. Bahkan, presiden sudah menyetujui Ari Dono menjadi Plt Kapolri.

"(Kalau) Plt hanya melaporkan dan minta persetujuan Presiden dan DPR. Infonya, Presiden sudah setuju dan sore ini suratnya masuk ke DPR, yang bawa Kadiv Propam (Polri)," katanya saat dihubungi IDN Times di Jakarta, Selasa (22/10).

1. Pergantian Kapolri perlu proses yang panjang

IPW Sebut Jokowi Sudah Setuju Komjen Ari Dono Jadi Plt KapolriANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jika memang benar, Plt Kapolri nantinya akan dipegang Ari Dono hingga memasuki masa pensiunnya pada Desember mendatang. Neta juga memperkirakan, usai pensiun, Ari Dono akan digantikan Irjen Pol Gatot Eddy Pramono yang kini masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

"Info yang kita dapat, Gatot memang sudah disiapkan Internal Polri (jadi calon Kapolri). Tentu berdasarkan rekam jejaknya," jelas Pane.

Meski begitu, proses pergantian Kapolri perlu proses yang panjang, yakni melalui Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

"Lalu diserahkan ke Presiden, dan dari Presiden diserahkan ke DPR untuk uji kepatutan. Setelah itu, baru dilantik Presiden," ungkapnya.

2. Gatot Eddy diperkirakan mengisi posisi Kapolri

IPW Sebut Jokowi Sudah Setuju Komjen Ari Dono Jadi Plt KapolriDenisa/IDN Times

Sebelumnya, Neta menjelaskan, Kabareskrim Komjen Pol Idham Azis juga diperkirakan akan menduduki posisi Wakapolri untuk menggantikan Ari Dono yang menjadi Plt Kapolri.

Sementara itu, posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Idham Azis diperkirakan akan diisi oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Edi Pramono. Posisi Kapolda Metro Jaya, diperkirakan akan digantikan oleh dua calon kuat, yakni Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudi Sufahriadi dan Kapolda Lampung, Irjen Pol Purwadi Arianto.

Baca Juga: IPW: Tito Karnavian Jadi Menteri, Wakapolri Ari Dono Jadi Plt Kapolri

3. Tito kemungkinan akan mengemban jabatan baru

IPW Sebut Jokowi Sudah Setuju Komjen Ari Dono Jadi Plt KapolriIDN Times/Axel Jo Harianja

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, usai menemui Jokowi di Istana Negara, Tito segera bergegas untuk menemui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Posko Jakarta Barat. Ketika ditanya apakah pemanggilan Tito terkait kursi menteri di Kabinet Kerja Jilid II, Iqbal masih enggan mengungkapkannya.

"Mungkin bisa jadi ada semacam jabatan baru," kata Iqbal seraya meninggalkan awak media di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (21/10).

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra, juga enggan berkomentar banyak perihal itu. Ia hanya mengatakan, pihaknya masih menunggu kabar dari pihak Istana.

"Kita menunggu kabar selanjutnya sebagaimana pihak Istana sudah memberikan informasi awal bahwa hari Rabu (23/10) akan dilaksanakan pelantikan," ujar Asep.

4. Hari ini, Jokowi kembali perkenalkan calon menterinya

IPW Sebut Jokowi Sudah Setuju Komjen Ari Dono Jadi Plt KapolriANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Hari ini, Presiden Jokowi kembali memanggil para calon menterinya ke Istana. Sejak pukul 09.05 WIB, telah hadir di Istana yakni Menteri Keuangan periode 2014-2019 Sri Mulyani, mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang, Wakil Bendahara PDIP Juliari Batubara, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Sebelumnya, Senin (21/10), Presiden Jokowi telah memanggil beberapa tokoh ke Istana Kepresidenan Jakarta, mulai dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu, CEO Gojek Nadiem Makarim, Komisaris Utama NET. Mediatama Televisi, Wishnutama, Pendiri PT Mahaka Media (ABBA) Tbk, Erick Thohir, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Selain itu, hadir juga Menteri Perindustrian periode 2014-2019 Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2014-2019, Pratikno, Presiden Komisaris PT Adhi Karya, Fadjroel Rahman, Ketua Populi Center Nico Haryanto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo.

Baca Juga: IPW: Gatot Eddy Pramono Akan Gantikan Tito Karnavian Sebagai Kapolri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya