Comscore Tracker

Jadi Korban Penembakan di Papua, Ini Sederet Prestasi Briptu Hedar

Briptu Heidar menyamar saat melakukan penyelidikan

Jakarta, IDN Times - Briptu Hedar tewas saat melakukan penyelidikan di wilayah Kabupaten Puncak, Papua, Senin (12/8). Sebelum ditembak, ia sempat disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah tersebut.

"Polri sangat berduka atas kejadian tersebut dan Briptu Hedar mempunyai catatan prestasi yang cukup panjang, maka kita memberikan apresiasi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/8).

Baca Juga: Tewas Usai Disandera, Jenazah Briptu Hedar Dimakamkan Hari Ini

1. Briptu Hedar aktif dalam pengungkapan kasus KKB

Jadi Korban Penembakan di Papua, Ini Sederet Prestasi Briptu HedarANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Dedi menjelaskan Briptu Hedar cukup aktif dalam Satuan Tugas (Satgas) pengungkapan kasus-kasus yang melibatkan KKB. Berikut berbagai keterlibatan almarhum dalam berbagai pengungkapan kasus-kasus penangkapan KKB:

  1. Aksi penggalangan terhadap jaringan Senmu Ilaga atas nama Amole dan mendapatkan 2 pucuk senjata api (senpi) panjang den 1 pucuk senpi pendek beserta amunisi pada 3 Mei 2019.
  2. Aksi pembebasan sandera warga Papua dan non-Papua oleh KKB Tembagapura di Kampung Banti, Distrik Tembagapura, pada 11 November 2017.
  3. Aksi penangkapan terhadap Yogor Telenggen (KKB Lannyjaya) di Kampung Usir, Distrik Mulia, Puncak Jaya, pada 12 Mei 2018.
  4. Aksi penangkapan terhadap Wuyungga Tabuni (KKB Lannyjaya) di Kampung Usur, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, pada 1 Agustus 2018.
  5. Aksi penangkapan terhadap Damianus Magay Yogi (Panglima KKB) di Sentani. Kabupaten Jayapura, pada 13 Oktober 2016.
  6. Aksi penangkapan terhadap Jemy Magay Yogi (KSAD KKB Totiyo Paniai) di Sentani, Kabupaten Jayapura, pada 13 Oktober 2016.
  7. Aksi penangkapan terhadap Jona Wenda (JUBIR WPNCL) di Sentani, Kabupaten Jayapura, pada 13 Oktober 2016.
  8. Aksi penangkapan terhadap Aloyslus Kayame (KKB Totiyo Paniai) di Sentani pada 13 Oktober 2016.
  9. Aksi penangkapan terhadap Paku Wanimbo (KKB Yambi) Kampung Trikora, Dusun Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, pada 21 Februari 2019.
  10. Aksi penangkapan terhadap Bumi Enumbi (KKB Yambi) pada 21 Januari 2019 di Jembatan Kembar Yambi, Kabupaten Puncak Jaya
  11. Aksi penangkapan terhadap Wemiles Tuwolom (Penyuplai senjata KKB Yambi) di Jayapura pada 17 Oktober 2018.
  12. Aksi penangkapan terhadap Longgop Telenggen (KKB Yambi) di Distrik Muara, Kabupaten Puncak Jaya, pada 20 Juli 2018.

2. Briptu Hedar ditembak di bagian kepala

Jadi Korban Penembakan di Papua, Ini Sederet Prestasi Briptu Hedar(Ilustrasi penembakan) IDN Times/Sukma Shakti

Dedi sebelumnya mengatakan, Briptu Hedar ditembak KKB bernama Jambi Mayu (JM). "Daerah tersebut dikuasai oleh kelompok G. Kemudian yang melakukan diduga JM. Yang melakukan penembakan terhadap Briptu Heidar," kata dia.

Dedi menerangkan, Jambi Mayu diduga menggunakan senjata laras panjang saat menembak Briptu Hedar. Saat disandera, Hedar berupaya melarikan diri. "Dari jarak sekian meter ditembak dari belakang, yang mengenai kepala," ujar dia.

Menurut Dedi, Briptu Hedar tidak dijebak saat melakukan penyelidikan. Kala itu, almarhum bersama Bripka Alfonso melakukan penyelidikan di sebuah distrik wilayah Kapubaten Puncak, Papua.

"Tapi di jalur yang berbeda, di satu titik mereka ketemu lagi," kata dia.

Ketika ingin bertemu, Bripka Alfonso memanggil Briptu Hedar untuk saling bertukar informasi. Tetapi, saat mereka akan bertemu, Briptu Hedar disergap.

"Artinya, begitu mereka berdua masuk ke distrik itu, sudah dipantau oleh kelompok tersebut, kelompok yang dipimpin oleh G itu," terang Dedi.

3. Briptu Hedar melakukan penyelidikan dengan penyamaran

Jadi Korban Penembakan di Papua, Ini Sederet Prestasi Briptu HedarIDN Times/Axel Jo Harianja

Jenderal bintang satu itu mengungkapkan, Briptu Hedar dan Bripka Alfonso melakukan penyelidikan tanpa identitas atau undercover alias menyamar.

"Itu semuanya, identitas senjata ditinggalkan dulu. Dia masuk sangat dalam di wilayah sangat rawan. Masyarakat juga sudah sangat resah dengan keberadaan KKB yang sering melakukan intimidasi terhadap masyarakat setempat," kata Dedi.

4. Puncak Jaya tempat berkumpulnya KKB

Jadi Korban Penembakan di Papua, Ini Sederet Prestasi Briptu HedarANTARA FOTO/ Marius Frisson Yewun

Wilayah di Puncak Jaya, kata Dedi, merupakan salah satu tempat berkumpulnya KKB. Di antaranya Timika dan Paniai.

"Dan turun ke bawah itu semuanya memiliki kelompok-kelompok yang menguasai wilayah tersebut," kata dia.

Masyarakat di distrik itu sering mendapat intimidasi dari KKB. Seperti penganiayaan, pengancaman, pemerkosaan, hingga tindakan kejahatan lainnya.

"Berangkat dari informasi tersebut, maka Briptu Hedar bersama rekannya melakukan proses penyelidikan di wilayah tersebut," ucap Dedi.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menuturkan, tak ada baku tembak dalam proses penyelidikan hingga penyanderaan itu. Tim gabungan dari TNI dan Polri masih mengejar terduga pelaku penyanderaan dan penembakan terhadap Briptu Hedar.

"Wilayahnya cukup luas dan kondisi geografinya cukup ekstrem di sana," ujar Dedi.

5. Briptu Hedar dimakamkan di Makasaar hari ini

Jadi Korban Penembakan di Papua, Ini Sederet Prestasi Briptu Hedar(Ilustrasi makam) IDN Times/Vanny El Rahman

Briptu Hedar rencananya dimakamkan hari ini, Selasa (13/8), di Desa Siuwang Kabupaten Barru, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Adeni Muhan Daeng mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan penyambutan jenazah almarhum Briptu Hedar. Adeni juga akan bertindak sebagai inspektur upacara (Irup).

"Jenazah almarhum diberangkatkan dari Timika pukul 12.00 WIT, dan rencana tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sekitar pukul 14.00 Wita," kata Adeni seperti dikutip dari Antara.

Adeni menjelaskan usai diadakan upacara penyambutan di Bandara Sultan Hasanuddin, jenazah Briptu Hedar akan segera diantarkan ke rumah duka yang berjarak sekitar 70 Km dari bandara.

Untuk upacara penyambutan jenazah di rumah duka, akan dipimpin langsung oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Sulsel Kombes Pol Yohanes Ragli. Atas jasanya, Briptu Hedar diberi kenaikan pangkat luar biasa yakni, Brigadir Polisi (Brigpol).

Baca Juga: Briptu Hedar Ditembak Anggota KKB Papua Jambi Mayu di Bagian Kepala

Topic:

  • Axel Joshua Harianja
  • Rochmanudin

Just For You