Comscore Tracker

KPU Imbau Capres-Cawapres Klaim Kemenangan Pilpres 2019

Prabowo sebelumnya mengklaim menang Pilpres 2019

Jakarta, IDN Times - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengimbau peserta pemilu dan pendukung pasangan capres-cawapres, agar tidak merayakan kemenangan sebelum KPU mengeluarkan hasil resmi penghitungan suara pemilihan umum (Pemilu) 2019.

"Diharapkan masyarakat, peserta pemilu bersabar untuk mengikuti proses perhitungan suara oleh KPU, dan kita berharap klaim-klaim kemenangan itu dilakukan setelah hasil resmi yang dikeluarkan KPU bisa diselesaikan," kata Pramono di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta Pusat, Rabu(17/4).

Pramono mengimbau kepada peserta pemilu, khususnya kedua kandidat capres-cawapres untuk mengimbau pendukungnya, agar menjaga ketertiban selama proses penghitungan suara dilakukan.

"Menyampaikan agar pendukung masing-masing tetap menjaga ketenangan, ketertiban dan juga tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang di luar koridor peraturan perundang-undangan. Jadi para elite-elite politik perlu mendorong para konstituen dan simpatisannya untuk menunggu hasil resmi yang dikeluarkan oleh KPU," kata dia.

Sebelumnya, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim kemenangan Pilpres 2019, meski dari hasil quick count atau hitung cepat dari berbagai lembaga survei menyatakan kalah.

"Perjuangan kita tidak sia-sia, kita sudah menang, kita tidak bayar uang saksi saksi kita tapi kebenaran yang benar. Kita percaya dan yakin Tuhan Maha Besar selalu membela yang benar," kata Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4).

Prabowo sempat memekikkan takbir sebanyak tiga kali usai deklarasi kemenangan. Ia juga mengajak pendukungnya untuk sujud syukur.

"Sebagai Muslim saya menutup briefing saya dengan mengumandangkan takbir. Allahuakbar, allahuakbar, allahuakbar," pekik Prabowo yang diikuti pendukungnya.

Tak lama kemudian, ia sujud syukur di lantai. Sebelumnya, ia sempat menanyakan arah kiblat ke guru spiritualnya, Ustaz Sambo. "Kiblat ke arah mana?" tanya Prabowo.

Prabowo mengklaim telah menang 62 persen. Untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada relawan dan partai pendukung. Ini merupakan pidato kedua Prabowo usai disebut kalah dalam quick count lembaga survei. Dalam dua kesempatan tersebut, Sandi tidak ikut mendampingi Prabowo, termasuk Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Baca Juga: Klaim Prabowo Menang, PA 212 Siap Putihkan Monas

Topic:

  • Rochmanudin
  • Wendy Novianto

Just For You