New Normal, Korlantas Kedepankan Persuasif dan Humanis

103.000-an kendaraan menuju Jakarta sudah diputarbalikkan

Jakarta, IDN Times - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol. Istiono secara maraton meninjau sejumlah pos pengamanan arus balik. Peninjauan hari ini dilakukan di pos jaga Cikopo, pos check point Patok Beusi, Pantura Subang, dan check point KM 47 tol Cikampek arah Jakarta.

Saat meninjau, Istiono turut didampingi Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Eddy Djuanaedi bersama Direktur Jasa Raharja, Budi Rahardjo.

"Arus balik sampai hari ini masih didominasi oleh angkutan logistik. Dan kecenderungan lalin di sekat-sekat 146 pos penjagaan Jatim sampai Lampung ini landai," kata Istiono dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Jumat (29/5).

1. Tidak ada penumpukan kendaraan di 146 pos penyekatan

New Normal, Korlantas Kedepankan Persuasif dan HumanisTinjau Pos Pengaman Mudik, Korlantas Putar Balik 103 Ribu Kendaraan (Dok. Korlantas Polri)

Saat tiba di setiap pos yang ditinjaunya, Istiono menyempatkan untuk membagikan masker dan vitamin terhadap personel yang berjaga di pos penyekatan. Dalam pantauannya di lokasi, menurutnya ada keengganan masyarakat untuk berpindah atau melakukan perjalanan dari kota ke kota.

"Termasuk silaturahmi antarkota terkendali cukup bagus. Kemudian, tidak ada penumpukan di lokasi-lokasi penyekatan di 146 pos dari Lampung hingga Jatim," jelasnya.

Baca Juga: Jasa Raharja dan Korlantas Polri Salurkan 200 Paket Bantuan bagi Masyarakat

2. 103.000 kendaraan sudah diputarbalikkan

New Normal, Korlantas Kedepankan Persuasif dan HumanisTinjau Pos Pengaman Mudik, Korlantas Putar Balik 103 Ribu Kendaraan (Dok. Korlantas Polri)

Hingga hari ini sejak Operasi Ketupat 2020 dilaksanakan pada 24 April, 103.000-an kendaraan diputar balik. Hal ini karena mereka tidak mengikuti protokol kesehatan terkait COVID-19, hingga tak ada surat izin keluar masuk (SIKM) menuju Jabodetabek.

Namun begitu, Istiono kembali menegaskan bahwa, lalu lintas di beberapa pos penyekatan itu masih landai.

"Nah, kita cek sama-sama jalur Pantura dari Jomin ini di daerah Subang, Patok Beusi, kecenderungannya jalur A dan B cukup landai. Terkendali semuanya," ujarnya.

3. Begini cara bertindak Korlantas saat new normal diterapkan

New Normal, Korlantas Kedepankan Persuasif dan HumanisTinjau Pos Pengaman Mudik, Korlantas Putar Balik 103 Ribu Kendaraan (Dok. Korlantas Polri)

Saat ditanyai bagaimana cara bertindak Korlantas ketika new normal atau normal baru diterapkan, Istiono mengimbau pengemudi tetap menjalankan protokol kesehatan terkait COVID-19.

"Misalnya, orang mau berlalu lintas semua pengemudi kendaraan baik truk, bus, dan kendaraan pribadi harus mematuhi protokol COVID-19," jelasnya.

Jenderal bintang dua itu mengatakan, mereka harus menggunakan masker, jaga jarak, sering cuci tangan dan sebagainya.

"Termasuk petugasnya juga menerapkan standar protokol COVID-19. Nah, ini harus sudah membudaya, baik petugasnya, mau pun komponen masyarakat," katanya.

Baca Juga: Korlantas: 9.000 Kendaraan ke DKI Diputarbalik di 146 Pos Penyekatan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya