Novel Baswedan Dinyatakan Positif COVID-19 Sesuai Hasil Tes Swab

Sebanyak 13 pegawai KPK dan satu tahanan terpapar COVID-19

Jakarta, IDN Times - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dinyatakan terjangkit virus corona atau COVID-19. Hal itu dibenarkan Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri.

"Benar. Informasi yang kami terima, (Novel Baswedan) merupakan salah satu penyidik yang berdasarkan test swab diketahui positif corona," kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

1. Pegawai KPK yang juga terpapar COVID-19 melakukan isolasi mandiri

Novel Baswedan Dinyatakan Positif COVID-19 Sesuai Hasil Tes SwabPlt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Ali mengatakan, terhadap beberapa pegawai yang terpapar COVID-19, juga sudah dilakukan langkah-langkah mitigasi dengan isolasi mandiri.

"KPK juga telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal pegawai untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut dalam proses pemulihannya," ucap Ali.

Sementara, IDN Times mencoba menghubungi Novel Baswedan perihal kabar tersebut. Namun, dia belum merespons.

Baca Juga: Fedrik Adhar, Jaksa Kasus Penyerangan Novel Baswedan Meninggal Dunia

2. Sebanyak 13 pegawai KPK dan satu tahanan terpapar COVID-19

Novel Baswedan Dinyatakan Positif COVID-19 Sesuai Hasil Tes SwabIlustrasi Test Swab (Dok. IDN Times)

Sebelumnya, berdasarkan tes swab yang dilakukan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Kemenkes, ditemukan belasan orang di lingkungan lembaga anti-rasuah terpapar COVID-19.

"Ada sembilan pegawai dari beberapa unit direktorat di KPK, empat orang non pegawai/OS dan satu orang tahanan dinyatakan positif terpapar COVID-19," jelas Ali, Kamis, 27 Agustus 2020.

Ali menjelaskan, saat ini telah dilakukan isolasi mandiri dan tindakan medis lanjutan, dengan bekerjasama dengan Puskesmas sekitar kediaman para pegawai yang terpapar.

"Untuk proses pemulihan terhadap para pegawai tersebut. Sedangkan untuk tahanan, telah dilakukan isolasi dan perawatan di RS Polri," ucap Ali.

3. KPK langsung menggelar tes swab pada Kamis kemarin

Novel Baswedan Dinyatakan Positif COVID-19 Sesuai Hasil Tes SwabPegawai KPK Jalani Test Swab (Dok. IDN Times/Humas KPK)

Ali menuturkan, guna meminimalisir penyebaran wabah COVID-19 dilingkungan KPK, pihaknya melalui poli klinik KPK dan RSPAD Gatot Subroto bertempat di Gedung Juang KPK pada Kamis, 27 Agustus 2020, kembali melakukan uji swab test PCR.

"(Swab test) Kepada pegawai KPK termasuk pula pegawai pada Direktorat Penyidikan Kedeputian Penindakan KPK," tuturnya.

Selain itu, KPK juga telah menyemprotkan disinfektan di ruang-ruang kerja pada direktorat penyidikan, ruang kerja lainnya di gedung Merah Putih KPK, gedung ACLC, serta memastikan protokol kesehatan tetap dipatuhi oleh seluruh pegawai KPK.

Baca Juga: Novel Baswedan: Gimana Mau Berantas Korupsi di Bawah Ancaman Mutasi?

Topik:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya