Polisi Tilang Pemotor Masuk Jalan Tol yang Viral di Media Sosial

Polisi sudah menindak beberapa pengendara motor itu

Jakarta, IDN Times - Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Argo Yuwono mengatakan pihaknya telah membentuk tim identifikasi terkait ratusan pengendara motor masuk ke Jalan Tol Cempaka Putih, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

"Dirlantas sudah membentuk tim, dia sedang mengidentifikasi lokasi-lokasi mana, jalan mana yang banyak melawan arus sudah kita lakukan," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/2).

1. Polisi sudah melakukan tindakan penilangan

Polisi Tilang Pemotor Masuk Jalan Tol yang Viral di Media SosialIDN Times/Axel Jo Harianja

Argo mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa hal atas kejadian yang diduga dilakukan massa dari salah satu organisasi buruh tersebut.

"Ada juga beberapa yang sudah kami lakukan baik teguran, penilangan atau represif sudah kami lakukan," ujar Argo.

Baca Juga: Sepeda Motor Diusulkan Boleh Masuk Jalan Tol, Begini Tanggapan Menhub

2. Ratusan pengendara motor menerobos Tol Cempaka Putih

Polisi Tilang Pemotor Masuk Jalan Tol yang Viral di Media SosialTwitter.com/risetioz

Sebelumnya, sejumlah video menunjukkan ratusan pemotor masuk jalan tol viral di media sosial. Ratusan pengemudi sepeda motor yang diduga buruh itu hendak berdemo ke Gedung Kementerian Tenaga Kerja di Jl. Gatot Soebroto, Jakarta Selatan.

Humas PT Jasa Marga, Irra Soenardi menjelaskan bahwa sekitar 300 pemotor menerobos Gerbang Tol Cempaka Putih dan keluar di Pancoran untuk berdemo.

"Kejadian kurang lebih pukul 10.30," jelas Irra saat dikonfirmasi, Kamis (7/2).

Dalam video yang beredar, terlihat ratusan pemotor melintas di jalan tol mengikuti sebuah mobil komando yang membawa pengeras suara.

Pengendara mobil di dalam tol pun tak dapat berbuat banyak dan seolah membiarkan motor-motor itu lewat.

Akibatnya jalanan di sekitar Gatot Soebroto pun terpantau padat. Kepolisian terpaksa mengalihkan lalu lintas dari arah Kuningan menuju Cawang ke arah Mampang.

3. Polisi terpaksa mengizinkan pengendara melewati jalan Tol

Polisi Tilang Pemotor Masuk Jalan Tol yang Viral di Media SosialInstagram.com/irfanmuttaqinnn

Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Darmanto sebelumnya mengatakan, saat itu jumlah aparat kepolisian yang berjaga di gerbang Tol Cempaka Putih, Jakarta Pusat, tidak sebanding dengan jumlah pengendara motor tersebut.

"Saat itu, jumlah anggota minim karena ada demo di beberapa titik di Jakarta dan acara Presiden Joko Widodo di Kemayoran. Sementara, jumlah pengendara motor sekitar 600 sampai 700 orang," kata Darmanto, Kamis (7/2). 

Baca Juga: Jokowi: Pengkritik Proyek Jalan Tol Tak Paham Teori Ekonomi Makro

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya